5 Tanda Paru-paru Tidak Sehat


foto :pixabay.com

Palingseru.com – Organ yang terletak dibawah tulang rusuk ini juga memiliki peranan penting bagi tubuh manusia. Khususnya sebagai sistem pernapasan manusia, yang merupakan tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida. Udara sangat penting bagi manusia, untuk mempertahankan manusia agar tetap hidup didunia ini. Oleh karena itu, jika paru-paru manusia rusak, maka pernapasan manusia juga akan terganggu.

Nah, penting untuk kita selalu menjaga kesehatan paru-paru kamu, agar bisa selalu berfungsi dengan baik. Namun, kerusakan paru-paru sering laki berjalan dengan cepat, dan terkadang tidak menimbulkan tanda-tanda. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena ternyata masih ada tanda-tanda yang menunjukan bahwa paru-paru sudah tidak sehat lagi. Tanda-tanda tersebut seperti yang berikut ini.

1. Napas pendek

Byron Thomashow, seorang profesor dari Columbia University Medical Center mengatakan bahwa, “banyak orang yang mengalami napas pendek. Kebanyakan mereka berfikir bahwa mereka sudah tua. Namun, tahukah kamu napas pendek bisa jadi merupakan salah satu tanda paru-paru kamu sudah tidak sehat lagi.

2. Batuk terus-terusan

Setiap orang pasti pernah mengalami batuk, namun jika batuk yang kamu alami tak kunjung sembuh dan terjadi secara terus menerus, maka kamu perlu mewaspadai. Mungkin itu pertanda ada masalah dengan paru-paru kamu, seperti COPD maupun TBC.

3. Sakit kepala di pagi hari

Sakit kepala dipagi hari merupakan gejala dari COPD. Hal ini disebabkan karena kamu tidak cukup bernapas  pada malam hari, dan karbon dioksida muncul saat kamu sedang tidur. Penumpukan karbondioksida ini menyebabkan pembuluh dara diotak membesar, hal ini lah yang menyebabkan sakit kepala saat kamu bangun tidur. Jadi, jangan remehkan sakit kepala ini ya.

4. Pembengkakan

Paru-paru yang tidak sehat, juga akan berpengaruh langsung terhadap jantung. Sistem peredaran darah tidak akan mendapatkan oksigen yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan. Hal ini menyebabkan penumpukan cairan yang ditandai dengan pembengkakan pada pergelangan kaki.

5. Sulit tidur

Bagi penderita COPD akan mengalami sulit tidurm karena akan batuk sepanjang malam, tiba-tiba terbangun, atau tidur nyenyaknya terganggu. Mereka juga akan sangat sulit bernapas saat tidur.

Itu lah tanda-tanda jika paru-paru kamu sudah tidak sehat lagi.

baca juga: Pria Ini Mati Gara Gara Cacing di Paru Paru

10 Pekerjaan yang Berbahaya Bagi ParuParu Anda


Like it? Share with your friends!