Hati-hati, Sering Tidur Larut Malam Bisa Merusak Otak Kamu


   

begadang

Palingseru.com – Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya… Pada setuju gak sama lirik lagu yang ini ? hehe

Bagi yang suka begadang, lirik lagu tadi hanya sekedar mengingatkan bahwa begadang itu tidak baik. Apalagi kalau terlalu sering begadang, tau gak apa bahayanya? Bahayanya ke otak kamu loh. Kok bisa?

Ya bisa, karena hasil penelitian di Uppsala University, Swedia, menemukan bahwa orang-orang yang sering tidur larut malam atau begadang semalam suntuk memilliki kondisi otak seperti orang yang habis mengalami cedera kepala. hiii ..

Hal ini disebabkan karena kandungan zat NSE (neuron specific enolase) dan S-100B (S100 calcium binding protein B) dalam darah akan meningkat.

Sebenarnya kedua zat itu tidak beracun, karena zat ini membantu saraf otak yang rusak akibat cedera. Kedua zat ini akan meningkat dalam darah  pada kondisi kerusakan otak. Nah, kurang tidur akan meningkatkan proses neurodegenerative. Oleh karena itu, dibutuhkan tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan otak.

Pada saat tidur, otak akan membersihkan diri dari zat beracun. Tapi jika kamu begadang otak akan susah untuk membersihkan diri.

Selain itu, ada yang lebih mengerikan lagi, yaitu tidur yang kurang dari 8 jam bisa menurunkan IQ pada hari berikutnya. Begadang juga memiliki risiko lebih besar terkena diabetes dan bisul.

 

 

More From: Sehat