10 Tips Melindungi Mobil Dari Abu Vulkanik Gunung Kelud


Mobil kena abu Vulkanik

Palingseru.com – Gunung Kelud meletus dengan memuntahkan abu Vulkanik dan berbagai kerikil kerikil kecil yang menghujani kota-kota di Jawa Tengah, seperti Solo dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Nah abu vulkanik ini ternyata bisa merusak mobil kamu lho dan jika kamu tidak benar melakukan perawatan mobil yang terkena abu gunung kelud siap siap aja deh membawa mobil kamu ke bengkel dan keluar uang banyak.

Nah bagi kamu yang saat ini mobilnya terkena abu vulkanik gunung kelud ada baiknya mengikuti sedikit tips berikut agar menjaga mobil kamu terhindar dari kerusakan akibat abu gunug kelud. Nah mau tahu seperti apa tips melindungi mobil dari hujan abu gunung kelud lihat di bawah ini:

  1. Basahi mobil secara menyeluruh dengan air bersih untuk mengusir debu dengan cara yang hati-hati. Jangan pakai lap kering, dan juga tidak dianjurkan menyemprot mobil dengan air bertekanan tinggi karena akan menyebabkan gesekan keras antara debu dengan bodi mobil.
  2. Setelah dipastikan debu vulkanik ikut turun bersama air maka langkah selanjutnya pakailah sampo mobil ber-PH netral untuk melawan debu vulkanik yang mengandung unsur asam sulfat.
  3. Setelah mengelap bodi mobil, pastikan untuk dibilas dengan lap yang terbebas dari debu vulkanik.
  4. Pastikan debu-debu tidak terkumpul di celah-celah jendela mobil karena bisa mengakibatkan goresan saat mengoperasikan kaca mobil.
  5. Setelah mobil bersih, periksalah filter udara mobil Anda. Tindakan ini penting agar debu tidak masuk dalam ruang bakar yang bisa mengakibatkan silinder rusak. Jika ingin aman, sebaiknya filter udara diganti yang baru.
  6. Bersihkan radiator, consensor AC, dan steam mobil. Debu vulkanik unsur asam yang mampu mempercepat proses korosi atau karat pada logam.
  7. Cek rem mobil Anda. Terutama apabila mobil baru melewati kawasan hujan abu dan berdebu abu vulkanik.
  8. Ada baiknya karet wiper juga diganti jika Anda telah menggunakannya saat hujan abu.
  9. Alat vacuum cleaner bisa juga digunakan untuk membersihkan debu vulkanik
  10.  Jika tidak digunakan tutup mobil dengan menggunakan penutup mobil cara ini dapat mencegah debu vulkani menempel di mobil kamu.

Nah itulah sedikit tips yang bisa kamu lakukan agar mobil kamu tetap baik baik saja walaupun terkena hujan abu vulkanik gunung kelud.

BACA JUGA: Bahaya abu Vulkanik Gunung Kelud Untuk Kesehatan

Wajah Rakasa Mengerikan Muncul Ketika Gunung Kelud Meletus

More From: HOT ISU