5 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Jika Terkena Cacar Air


cacar

Palingseru.com – Cacar air adalah suatu penyakit menular  yang disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster. Pada awal terkena penyakit ini, penderita akan merasa demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu, dan lemah. Lalu beberapa hari kemudian timbullah kemerahan pada kulit yang berukuran yang kecil dan sering ditemukan di sekitar dada, perut, pinggang, dan kemudia menyebar ke tangan dan wajah.

Kemerahan pada kulit tadi lalu berisikan cairan didalamnya yang terasa sangat gatal dan membuat kamu ingin menggaruknya. Tapi, perlu kamu tahu bahwa kemerahan yang berisikan air tadi jika digaruk lalu pecah, maka akan lebih sulit untuk mengering dan akan meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan.

Namun, jika kemerehan yang berisi cairan tadik di biarkan, dan tidak dipecahkan, maka akan segera mengering dan membentuk keropeng yang nantinya akan terlepas dengan sendirinya. Tapi, bekas kemerahan tadi akan segera menghilang dengan sendirinya.

Nah, oleh karena itu, meskipun penyakit ini terdengar sepele, namun juga perlu adanya perawatan khusus untuk merawat penyakit ini.

Dan inilah dia ke lima perawatan yang dapat dilakukan untuk menangani penyakit ini.

  • Saat kamu terkena cacar air, semaksimal mungkin kamu harus menghindari garukan pada sekitar kulit yang terdapat kemerahan tadi. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika digaruk dapat menyebabkan bekas yang sulit untuk dihiangkan.
  • Kamu bisa memotong kuku kamu agar kulit kamu lebih aman.
  • Di usahakan agar kamu menggunakan pakaian yang longgar agar  kulit kamu tidak lecet akibat terkena pakaian.
  • Untuk menenangkan kulit kamu yang kemerahan tadi, kamu bisa berendam ke dalam bak mandi yang berisikan tepung maizena.
  • Usahakan saat terkena cacar air kamu tidak terkontak langsung dengan sinar matahari atau udara yang lembab, karena kedua hal itu dapat memperparah cacar yang kamu derita.

Nah, itulah dia perawatan yang dapat kamu lakukan saat terkena penyakit cacar air.

 

Baca Juga : 5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan

More From: Sehat