Gejala-Gejala Asma Yang Bisa Bikin Kamu Mati


Gejala asma
sesak nafas akibat asma foto : pixabay.com/id/sakit-hati-sakit-dada-sakit-1846050/

Palingseru.com – Asma merupakan peradangan kronis yang umumnya terjadi pada saluran napas yang ditandai dengan gejala seperti, batuk, sesak napas, dan dada terasa berat. Asma pada umumnya disebabkan oleh kombinasi faktor genetika dan lingkungan.

Penyakit asma memang sering dianggap sebagai penyakit yang tidak terlalu berbahay, tapi jika dibiarkan saja penyakit ini bisa semakin parah dan akhirnya akan berujung pada kematian.

Biasanya penderita asma sudah menyiapkan obat asma dalam bentuk inhaler, takutnya jika sewaktu-waktu asma mereka menyerang. Namun, inhaler hanya mampu mengatasi serang asma yang tidak parah, sedangkan serangan asma yang parah tidak akan bisa diatasi dengan obat inhaler.

Serangan asma yang parah ini biasanya di sebut dengan status asthmaticus yang bisa menyebabkan penderita meninggal dunia.

Asma yang sudah parah atau status asthmaticus biasanya akan memiliki gejala-gejala tertentu pada penderitanya ketika ingin menyerang. Oleh karena itu, bagi penderita asma penting untuk mengetahui gejala-gejala yang akan ditunjukan oleh status asthmsticus agar penderita dapat menanganinya secara dini, supaya tidak berakibat pada kematian.

Nah, untuk itu kami akan berbagi informasi mengenai gejala-gejala yang akan ditimbulkan oleh status asthmaticus sebelum menyerang. Berikut ini beberapa gejala, seperti dilansir Merdeka.com

  • Napas pendek-pendek dan terjadi dalam waktu yang lama
  • Akan kesulitan untuk mengucapkan kalimat panjang, biasanya hanya dapat mengucapkan satu sampai dua kata saja dan tidak bisa melanjutkannya lagi.
  • Dada akan terasa tertutup dan sulit mengambil napas
  • Merasa kesulitan bernapas saat berbaring
  • Merasa grogi, gelisah, kebingungan dan tidak bisa konsentrasi
  • Bibir berubah warn menjadi kebiruan
  • Punggung dan pundak membungkuk, dan merasa tegang pada otot perut dan leher
  • Dan harus duduk dan berdiri baru lah bisa mengambil napas

Itulah dia beberapa gejala yang akan ditimbulkan oleh status asthmaticus sebelum menyerang penderita secara tiba-tiba. Jika kamu mengalami gejal-gejal tersebut segeralah pergi periksa ke dokter, dan lakukan perawatan sebelum status asthmaticus menyerang.

Perlu kamu ketahui bahwa, asma yang sudah parah tidak akan menimbulkan gejala batuk, atau napas berbunyi. Gejala batuk dan napas berbunyi merupakan gejala asma biasa bukan asma yang parah.

Tapi, bukan berarti kamu malah membiarkan gejala asma yang tidak parah tersebut. Jika dibiarkan asma yang tidak parah bisa saja menjadi asma parah dalam waktu yang cepat. Oleh karena itu, perlunya melakukan perawatan dini untuk penyakit asma ini.

baca juga: 5 Tips Merawat Anak Yang Mempunyai Penyakit Asma

5 Pemicu Penyakit Asma

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Sehat