5 Gua Paling Panjang di Dunia


Palingseru.com – Gua merupakan salah satu lubang terowongan alami tanah yang memiliki bentuk besar dan panjang dan tidak banyak mendapatkan cahaya matahari. Umumnya, gua terbentuk dari bebatuan besar yang tertumpuk dengan berdiameter lubang cukup luas. Gua biasanya banyak dikunjungi bagi mereka yang memiliki hoby berpetualang di tempat sunyi dan menyeramkan.

Bila kamu salah seorang yang memiliki hoby berpetualangan memasuki alam gua dengan karakteristik yang berbeda- beda. Berikut ini ada 5 gua paling panjang di dunia yang dapat kamu coba seperti yang dilansir dari Merdeka.com .

1. Jawel Cave

jewel-cave

Jawel Cave merupakan salah satu gua terpanjang di dunia , tepatnya terletak di sekitar 21 km di barat kota Custer di Black Hills, South Dakota dengan memiliki memiliki luas mencapai 267,6 km. Jawel Cave ini pertama kali ditemukan oleh Herb dan Jan Conn sejak tahun 1979 dan merupakan bagian dari Jawel Cave Natution Moment.

Pada tahun 1979 itulah terdapat lebih dari 103 km Herb dan Jan Conn berhasil menemukan, menamai, dan memetakan Gua Jawel Cave ini. Dan sampai saat ini Jawel Cave menjadi salah satu gua pilihan para petualang untuk menjelajah selama 4 hari lamanya untuk bisa menjelajah seluruh bagian gua ini.

2. Sistema Ox Bel Ha

sistema-ox-bel-ha

Sitema Ox Bel Ha juga merupakan gua bawah air terpanjang di dunia yang terletak di dekat Tulum, Quintana Roo, Meksiko dengan luas mencapai panjang hingga 256,7 km dan memiliki kedalaman 256,9 kilometer dari bagian bawah air. Kononnya, Sistema Ox Bel Ha ini merupakan nama yang berasal dari bahasa Maya yang bermakna “Tiga Jalur Air”.

3. Sistema Sac Actun

sistema-sac-actun

Sistema Sac Actun merupakan gua terpanjang ketiga yang menjadi sistem gua bawah air. Gua ini terletak di sepanjang pantai Karibia di Semenanjung Yucatan dan memanjang sampai ke utara dan barat desa Tulum, Quintana Roo, Meksiko. Gua ini ditemukan pada 1987.

Di dalam gua ini memiliki beberapa bagian seperti Lubang Hoyo Negro dan terdapat pula sisa Рsisa  mastodon, serta tengkorak manusia tepatnya di kedalam 43 meter. Bukti Рbukti ini diketahui oleh anggota tim penyelam Proyecto Espeleologico de Tulum and Global Underwater Explorers, Alex Alvarez, Franco Attolini, dan Alberto Nava yang melakukan penjelajahan pada Sistema Sac Actun.

4. Mammoth Cave National Park

mammoth-cave-national-park

Mammoth Cave National Park juga merupakan gua terpanjang di dunia yang memiliki panjang mencapai 651,8 km. Kononya, Gua ini merupakan sebuah taman nasional yang berada di pusat Kentucky yang pertama kali di dirikan pada tanggal 1 Juli 1941, dan diakui sebagai Situs Warisan Dunia pada tanggal 27 Oktober 1981.

5. Optymistychna Cave

optymistychna-cave

Optymistychna Cave ini merupakan kompleks gua yang pertama kali ditemukan oleh para penjelajah gua dari speleological club Lviv “CYCLOPE” pada tahun 1966, yang sudah mempelajari kompleks gua ini selama lebih dari 40 tahun. Optymistychna Cave ini juga merupakan gua terpanjang di dunia tepatnya di negara Eurasia yang memiliki panjang hingga 236 km dan terletak di dekat desa di Ukraina, Korolivka, Borschiv Raion, Ternopil Oblast.

Nah, itulah dia kelima gua terpanjang di dunia. Apakah kamu tertarik untuk mengunjunginya ?

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Menarik