5 Fakta Seputar Autisme yang Perlu kamu Ketahui


anak autisme

Palingseru.com – Terkadang seseorang yang mengidap penyakit Autisme ini membuat orang merasa takut untuk mendekatinya.

Pada dasarnya, autisme merupakan salah satu gangguan perkembangan yang merupakan bagian dari Kelainan Spektrum Autisme atau Autism Spectrum Disorders (ASD) serta merupakan gangguan Perkembangan Pervasif atau Pervasive Development Disorder (PDD).

Namun, sesungguhnya autisme ini bukanlah penyakit kejiwaan karena ia merupakan suatu gangguan yang terjadi pada otak sehingga menyebabkan otak tersebut tidak dapat berfungsi selayaknya otak normal dan hal ini termanifestasi pada perilaku penyandang autisme.

Dibalik ini semua, ternyata autisme juga memiliki beberapa fakta menarik. Mau tahu apa fakta – faktanya ? inilah dia 5 fakta seputar autisme yang perlu kamu ketahui seperti yang dilansir dari Merdeka.com.

1. Kepala besar adalah tanda autisme

Fakta pertama yang menunjukan bahwa seseorang mengidap penyakit autisme yakni ditandai dengan ukuran kepala yang besar. Namun bukan berati setiap anak yang memiliki lingkar kepala besar ini didiagnosisi autisme. Cuman kebanyakan anak autisme memiliki lingkar kepala lebih besar dibandingkan anak normal.

Seperti yang diketahui dari sebuah penelitian Journal of the American Medical Association bahwa otak anak autis berkembang dengan cara yang berbeda sejak usia dini. Ketika anak autis ini terlahir memang memiliki lingkar kepala kecil namun setelah enam sampai 14 bulan, kepala dan otak mereka akan lebih besar daripada ukuran anak normal.

2. Tak ada kaitan antara vaksin dan autisme

Beberapa rumor mengungkapkan bahwa anak yang menderita autisme ini akan lebih terlihat ketika mendapatkan vaksin . Namun pada dasarnya, tidak ada kaitannya antara vaksin dan autisme ini. Walaupun vaksin ini mengandung merkuri yang bisa jadi berbahaya untuk perkembangan otak bayi. Namun, sejumlah penelitian membuktikan bahwa merkuri pada vaksin terlalu sedikit dan tak bisa mempengaruhi kesehatan saraf. Sehingga tidak menutup kemungkinan, anak autis ini bukan akibat mendapatkan vaksin.

3. Autisme terdiagnosis lebih cepat

Fakta ketiga, Autisme ini pada dasarnya dapat terdiagnosis lebih cepat akibat saat ini teknologi kesehatan telah berkembang dengan cepat. Sehingga dapat mendiagnosis anak yang menderita autis mulai umur satu tahun.

Berbeda dengan zaman dahulu, para dokter masih sulit untuk mendiagnosis gejala autisme ini. Bahkan autisme ini akan dapat didiagnosis ketika berumur 24 tahun. Itu pun dilihat dari tingkah laku dan sikap yang anak lakukan.

4. Jumlah anak autisme bertambah

Diketahui bahwa saat ini jumlah anak autisme semakin bertambah sejak tahun 1998 hingga 2002 meningkat hingga dua kali lipat. Hal ini diketahui dari sebuah penelitian di California. Ini juga dilihat ketika tahun 1980 jumlah anak yang terdiagnosis autisme adalah satu di antara 88 anak (11,3 per 1.000) dan mengalami peningkatan hingga satu banding 68 anak dan satu banding 42 pada anak laki-laki.

5. Perawatan Dini Sangat Penting

SLB saat ini menjadi salah satu sekolahan terbaik untuk anak yang menderita autis. Karena sampai saat ini belum ada obat ampuh untuk anak autisme . Sehingga didirikan suatu lembaga untuk membantu anak mempelajari banyak hal yang mereka butuhkan, mulai dari memperhatikan orang lain hingga berkomunikasi dengan mereka.

Itulah perawatan anak autis ini harus dilakukan sejak dini. Peneliti di National Academy of Science merekomendasikan anak autis untuk melakukan terapi 25 jam per minggu secepat mungkin setelah anak terdiagnosis autisme.

Nah, itulah dia kelima fakta seputar autisme yang perlu kamu ketahui. Semoga dengan kelima fakta ini kamu lebih dapat memahami kondisi anak yang menderita autisme dan bagaimana cara mendidik yang benar.

More From: Taukah Kamu