7 Penyebab Kamu Bisa Terkena Sariawan


sariawan

Palingseru.com – Siapa yang tidak kenal dengan sariawan . Satu dari sekian banyak orang di dunia ini pasti pernah mengalami sariawan. Walaupun terlihat kecil, namun sariawan ini merupakan salah satu penyakit yang paling menyiksa bahkan dapat membuat penderitanya segan untuk menggerakkan mulutnya . Bahkan, rasa perih akibat sariawan ini dapat membuat seorang lebih rela untuk tidak mengonsumsi makanan.

Namun, apakah kamu sendiri sudah mengetahui kenapa kamu bisa terkena sariawan ? bukan karena kekurangan vitamin C saja, sariawan juga dapat disebabkan oleh hal – hal lain seperti yang dilansir dari Sidominews.

1. Lelah

Tubuh yang lelah juga rentan untuk menderita sariawan. Hal ini disebabkan karena daya tahan tubuh yang sedang melembah sehingga rentan untuk terserang bakteri penyebab sariawan.

2. Anemia

Sariawan juga dapat disebabkan oleh kurangnya darah di dalam tubuh. Saat seseorang mengalami anemia ini tubuh akan kehilangan daya tahan tubuh sehingga sariawan mudah menyerang.

3. Alergi

Sariawan juga dapat disebabkan oleh alergi . Seeorang yang menderita alergi terhadap sesuatu yang dimakan ini dapat membuat bakteri tersebut menyebabkan sariawan.

4. Stres/trauma

Stres/trauma juga dapat menyebabkan kamu bisa terkena sariawan. Pikiran yang kacau ini dapat merubah suasana hati yang berasangkutan ke bibir menjadi kering dan rentan sariawan.

5. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan yang parah juga dapat membuat kamu bisa terkena sariawan. Hal ini akibat dari penyakit pada saluran pencernaan yang dikenal dengan gastro esofageal reflux disease (GERD) yang merupakan salah satu dari variasi penyakit pada saluran pencernaan, di mana asam lambung bisa mengalir kembali ke atas ke arah kerongkongan dan bisa mencapai rongga mulut.

6. Kurang nutrisi

Selain kurangnya vitamin C, kekurangan nutrisi juga dapat menyebabkan kamu mengalami sariawan . Untuk itu, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang bergizi sehingga bisa mencegah timbulnya sariawan

7. Hormonal

Hormonal ini biasanya muncul kepada wanita dalam masa menstruasi. Selain mempengaruhi sistem reproduksi juga dapat menyebabkan kamu bisa terkena sariawan.

Nah, itulah dia kelima penyebab kamu bisa terkena sariawan. Bila kamu tidak mau menderita sariawan, usahakan untuk menghindari beberapa penyebab di atas.

Baca Juga : 5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan

More From: Sehat