7 Penyakit Akibat Terlalu Lama Nonton TV


t

Palingseru.com – Menonton TV merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan TV bisa menjadi hiburan di rumah yang tidak pernah ditinggalkan oleh kebanyakan orang.

Saat berada di rumah kebanyakan orang mengahabiskan waktunya hanya sekedar menonton TV. Jadi aktivitas menonton TV ini seakan-akan tidak bisa dilepaskan di kehidupan banyak orang setiap harinya.

Tapi, meskipun TV dapat menghibur orang-orang. Harus kamu ketahui bahwa terlalu lama menonton TV ternyata dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan yang mungkin tidak kamu sadari.

Menonton TV dalam waktu yang lama, ternyata bisa menyebabkan beberapa penyakit yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh kamu.

Nah, mau tau penyakit apa saja yang bisa disebabkan oleh menonton TV terlalu lama? Seperti dilansir Viva.co.id, berikut inilah dia ke tujuh penyakit yang disebabkan oleh menonton TV terlalu lama.

1. Gangguan tidur

TV memang diketahui dapat menghibur seseorang, tapi jika terlalu lama menonton TV dapat membuat seseorang mengalami sulit tidur nyenyak di malam hari. Hal ini dikarenakan saat menonton TV terlalu lama akan mengurangi kadar hormon melatonin pada otak, sehingga hal tersebut berpengaruh pada  ritme alami tubuh. Hal ini juga bisa membuat seseorang akan mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari.

2. Risiko penyakit jantung

Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa terlalu lama menonton TV dapat mempengaruhi kesehatan jantung seseorang. Orang yang menonton TV lebih selama 4 jam, akan memiliki risiko serangan jantung sebanyak 80% dibanding orang yang tidak melakukannya.

3. Diabetes

Selain serangan jantung, orang yang menonton TV terlalu lama juga dapat menyebabkan penyakit diabetes. Hasil penelitian menyebutkan orang-orang yang menonton TV selama lebih dari 2 jam setiap harinya, akan berisiko terkena penyakit diabetes sebanyak 14 persen.

4. Sakit mata

Selian penyakit organ dalam yang dapat disebabkan oleh  menonton TV terlalu lama, sakit mata juga dapat disebabkan oleh menonton TV terlalu lama. Hal ini dikarenakan saat asyik menonton TV maka mata akan terasa tegang dan akan terasa perih saat berkedip. Hal ini lah akan membuat kesehatan mata kamu akan berkurang.

5. Asma

Menonton TV terlalu lama juga diketahui dapat menyebabkan penyakit asma. Hal ini dikarenakan saat menonton TV terlalu lama, udara yang dihirup orang yang  menonton TV lebih terhambat di banding orang yang tidak menonton TV. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menonton TV lebih dari 2 jam dalam sehari.

6. Mental buruk

TV di ketahui menghadirkan banyak acara yang baik untuk di tonton dan juga yang tidak baik untuk di tonton. Yang tidak baik untuk di tonton adalah  sejenis acara sinetron  atau film-film dewasa lainnya yang dapat memberikan contoh yang tidak benar terhadap anak. Tontonan yang tidak baik juga dapat membuat anak-anak memiliki mental yang buruk untuk beberapa tahun ke depannya.

7. Kegemukan

Semua orang pasti tidak ingin memiliki tubuh yang gemuk, karena selain terlihat jelek, tubuh gemuk juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari kamu. Nah, kegemukan dapat di sebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah terlalu lama menonton TV. Anak-anak yang terlalu lama menghabiskan waktunya untuk menonton TV memiliki risiko mengalami kegemukan. Hal ini desebakan karena otot-otot tubuh kurang di gerakan.

Nah, itulah dia ke tujuh penyakit yang akan disebabkan oleh terlalu lama menonton TV.

 

 

 

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Sehat