Aneh, Tikus di Afrika Ini Bentuknya Mirip Gajah


257926_macroscelides-micus_663_382

Palingseru.com – Baru-baru sekelompok ilmuwan di California menemukan tikus aneh yang memiliki belalai seperti gajah. Hewan kecil ini merupakan seekor tikus yang berbeda dengan tikus pada normalnya.

Seperti dilansir Viva.co.id, hewan kecil ini ditemukan di daerah terpencil yaitu  di padang pasir Afrika Barat. Para ilmuwan yang menemukan hewan ini pun memberi namanya Macroscelides Micus.

Karena terlihat aneh dan tidak biasa, para ahli pun melakukan uji coba untuk menguji genetik hewan ini. Mereka mengukur panjang dan mengetahui berat hewan kecil ini. Macroscelides micus ini memiliki panjang sekitar 19 centimeter, dan memiliki berat sekitar 28 gram.

Hasil penelitia kedua yang lebih mengejutkan lagi adalah DNA hewan ini lebih berhubungan erat dengan hewan berukuran besar yaitu gajah. Hewan ini juga memiliki belelai seperti gajah. Namun, sangat aneh jika hewan ini adalah merupakan gajah.

Macroscelides ini juga memiliki kebiasaan tidur yang cukup aneh, yaitu seperti kebiasaan tidur yang dilakukan oleh kijang. Mereka lebih seka tidur dengan posisi berjongkok di samping semak-semak  untuk tidur dari pada menggali tanah.

Keanehan lainnya adalah cara hewan ini mencari makan. Ia memiliki kebiasaan mencari mangsa dengan cara mengendus seperti yang dilakukan oleh trenggiling.

Ia  menggunakan hidung untuk mencari serangga dan mangsa lainnya di tanah. Sedangkan hidunga di gunakan untuk menyapu tanah.

Kini para penelitian sudah berencana untuk kembali ke Afrika Barat untuk mempelajari tentang kehidupan hewan ini dengan baik dan lengkap. Dan berharap bisa menemukan jawaban dari semua pertanyaan tentang hewan aneh tersebut.

 

Baca Juga : 5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan

More From: Aneh Unik