7 Amalan Utama di Bulan Puasa Ramadhan


gft

Palingseru.com – Bulan suci ramadhan merupakan bulan yang paling di tunggu-tunggu dan di nanti banyak orang. Karena di bulan suci ramadhan ini semua pahala akan di lipat gandakan oleh Tuhan.

Tak heran jika orang-orang mengatakan bahwa bulan suci ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, karena di bulan ini semua hal baik yang kamu lakukan di beri pahala yang banyak oleh Tuhan.

Selain itu, Tuhan juga akan mengampunkan semua dosa umatnya di bulan suci ramadhan ini jika mereka sungguh-sungguh memanfaatkan bulan suci ramadhan ini sebagai bulan untuk memohon ampun.

Nah, ada beberapaa amalan utama yang harus di lakukan di bulan suci ramadhan jika seseorang ingin sungguh-sungguh memohon maaf kepada Sang Pencipta.

Seperti dilansir Inilah.com, berikut inilah dia ke tujuh amalam utama di bulan suci ramadhan.

1. Puasa

Amal yang pertama adalah puasa. Puasa merupakan rukun islam yang ke empat. Hal ini berarti umat muslim di wajibkan berpuasa sebagai mana telah dikatakan oleh Allah. Namun, meskipun puasa merupakan rukun islam, tapi masih saja ada yang meninggalkan rukun islam ini. Ada pula yang menjadikan rukun islam ini sebagai beban di kehidupannya, sehingga ia berpuasa hanya menahan  haus dan lapar saja. Sedangakan seperti yang sudah seriing di jelaskan dan sudah di ketahui oleh umat muslim, berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus tetapi juga menahan lisan, dan juga perbuatan. Nah, untuk itu, jika berpuasa, puasakan jugalah lisan serta perbuatan kamu.

2. Shalat Tarawih

Shalat tarawih juag merupakan amalan utama yang harus di lakukan di bulan suci ramadhan. Sholat tarawih atau yang lebih di kenal dengan shalat malam, sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW , oleh karena itu kita sebagai umat muslim juga harus mengerjakan sholat malam sebagaimana yang Nabi Muhammad SAW kerjakan sepanjang hidupnya,

3. Sedekah

Amalan selanjutnya adalah bersedekah. Bersedekah memang bisa dilakukan kapan saja, tetapi lebih baiknya di lakukan pada bulan suci ramadhan, karena bersedekah di bulan suci ramadhan Allah akan memberikan keistimewaan yang tiada tara. Allah akan melipat gandakan pahala yang di dapat dari sedekah. Tapi, usahakan sedekah diniatkan untuk mendapat ridho dan pahala dari Allah, bukan mengharapkan dapat pujian atau pun balasan dari orang tersebut.

4. Membaca dan Tadabbur Al Qur’an

Membaca Al Qur’an merupakan amala yang ke empat di bulan puasa. Bulan suci ramadhan juga dianggap sebagai bulan Al Qur’an, karena Al Qur’an di turunkan oleh Allah pada saat di bulan suci ramadhan. Jibril AS, mendatangai Nabi Muhammad SAW untuk bersama-sama mengulagi membaca Al Qur’an. Selain itu, para sahabat Nabi juga saling berlomba-lomba mengkhatamkan Al Qur’an. Tapi, sebaiknya saat kamu membaca Al Qur’an tidak hanya sekedar membaca tetapi juga sambil mempelajari arti dan maksud dari bacaan tersebut, untuk petunjuk hidup kamu menuju jalan Allah.

5. I’tikaf

I’tikaf adalah berdiam diri di masjid dan melakukan seluruh amal sholeh seperti membaca Al Qur’an, berzikir, berdoa dan lain-lain. I’tikaf perlu dilakukan untuk mendapatkan pahala dan  ridho dari Allah. Nabi Muhammad SAW biasanya akan beri’tikaf sepuluh hari terakhir ramadhan agar mendapatkan  Lailatul Qadar.

6. Menghidupkan Lailatul Qadar

Lailatul Qadar merupakan malam yang paling baik dari pada seribu bulan. Jika kamu mengerjakan amal sholeh di malam Lailatul Qadar, kamu akan mendapatkan pahala yang tiada tandingnya. Bahkan pahala kamu melebihi dari pahala yang dilakukan seribu bulan di hari lainnya. Oleh karena itu, untuk menghidupkan Lailatul Qadar kamu bisa mendapatkannya pada saat sepuluh hari terakhir ramadhan. Yaitu tepatnya pada malam-malam ganjilnya. Namun, malam yang utamanya adala pada saat puasa ke 27. Hal ini diketahui dari beberapa hadist yang mengatakan hal tersebut.

7. Umrah pada bulan Ramadhan

Umrah memang bisa dilakukan sepanjang tahun. Namun, umrah di bulan suci ramadhan sangatlah baik di banding bulan-bulan yang lainnya. Pahalanya sama dengan ibadah haji yang merupakan kewajiban umat muslim yang mampu untuk melakukannya. Oleh karena itu, lebih baiknya kamu menghabiskan bulan suci ramadhan dengan ibadah umrah dengan mengelilingi ka’bah bersama ratusan umat muslim lainnya,

Nah, itulah dia ke tujuha amalan utama di bulan puasa ramadhan.

 

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Taukah Kamu