5 Negara ini Tidak Punya Kekuatan Militer


liechtenstein-rev1

Palingseru.com – Setiap negara umumnya memiliki kekutan militer tensediri untuk membuat negaranya terhindar dari beberapa ancaman yang dapat merusak keutuhan negaranya sendiri. Inilah pentingnya kekuatan militer dalam mengatur keamanan negaranya agar tidak bisa di ganggu gugat dengan negara lain yang memiliki keinginan dalam menggerogoti keutuhan bangsanya.

Walaupun kekuatan militer ini harus dimiliki di setiap negara, tetapi masih ada beberapa negara lain yang tidak punya kekuatan militer. Dan keamanan negara di negara mereka itu masih bergantung dengan negara lain namun bisa bertahan hingga saat ini.

Seperti yang dilansir dari merdeka.com , inilah dia 5 negara yang tidak punya kekuatan militer.

1. Vatikan

5-negara-ini-tetap-bertahan-walau-tanpa-kekuatan-militer

Vatikan merupakan salah satu negara yang terletak di kota Roma dan tidak memiliki kekuatan militer namun mereka memiliki pasukan utama seperti Garda Noble dan Palatine Garda yang bertugas untuk meilindungi negara tersebut tetapi Paus Paulus VI menghapuskan kedua kelompok itu pada tahun 1970. Dan saat ini vatikan merupakan pasukan Kepausan Swiss Guard yang bertugas melindungi Paus serta Istana Vatikan. Selain itu juga, Vatican juga memiliki kelompok sipil militer seperti Gendarmerie Corps yang bertugas dama menjaga ketertiban umum, kontrol lalu lintas, pengawasan perbatasan, dan menyelidiki kegiatan kriminal.

2. Andorra

andorra-rev1

Andorra merupakan negara yang tidak memiliki kekuatan militer tetapi berani untuk melakukan perang terhadap Jerman pada tahun 1914 dan bergabung dalam Great War dengan hanya memiliki 10 tentara. Untuk melindungi negara dalam perang tersebut, Andorra memiliki perjanjian dengan Perancis dan Spanyol sebagai pelindungn negaranyadan saat ini memiliki 240 anggota negaranya.

3. Kepulauan Solomon

kepulauan-solomon-rev1

Pada tahun 1893,Kepulauan Solomon ini memutuskan untuk tidak memiliki pertahanan militer sendiri. Selama Perang Dunia II negara ini memiliki kesepakatan dengan angkatan bersenjata Inggris untuk menjaga stabilitas pada tahun 1976 sampai 1989. Namun pada tahun 1998 sampai 2006 keamanan negara itu terganggu oleh konflik akibat kegagalan pemerintahan, kasus kejahatan, dan konflik antar etnis. Sehingga untuk melakukan perdamaian Kepulauan Solomon harus membayar penyedian Militer agar kemanan Militer Australia ikut turun tangan.

4.Liechtenstein

liechtenstein-rev1

Liechtenstein ini merupakan negara yang juga tidak punya kekuatan militer. Karena di negara tersebut telah melakukan penghapusan militer pada tahun 1868 setelah terjadinya Perang Austro-Prusia. Dan setelah negara itu dibebaskan dari Konfederasi Jerman, negara Laichtenstein memiliki kewajiban independen untuk  menjaga stabilitas negaranya sendiri.

5. Nauru

nauru-rev1

Nauru juga merupakan negara yang tidak punya kekuatan militer. Karena anggran untuk kemanan militer ini terbilang cukup besar sehingga negara tersebut tidak memiliki dana cukup untuk membeli keamanan militer. Karena memang Nauru dikenal sebagai negara terpencil. Namun , untuk menjaga stabilitas keamanan negara tersebut memiliki kepolisian yang bertanggung jawab atas militer Australia, jika Nauru berada di dalam keadaan mendesak.

Nah, itulah dia kelima negara yang tidak punya kekuatan militer.

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Menarik