Kenapa Orang Tidur Bisa Mendengkur? Ini Dia 5 Penyebabnya


jhk

Palingseru.com – Kamu pasti sering melihat orang tidur mendengkur bukan? Ya, mendengkur memang sering dilakukan oleh orang-orang kebanyakan dari kaum adam.

Mendengkur dianggap oleh banyak orang merupakan hal yang biasa dan tidak berbahaya sama sekali. Meskipun mendengkur mengganggu oranglain yang tidur, tapi masalah ini masih saja diannggap sepele oleh orang-orang.

Padahal harus kamu ketahui bahwa mendengkur merupakan masalah pada saluran pernapasan yang juga harus di atasi. Tapi, masih banyak orang yang tidak mengetahui cara mengatasinya.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah saluran pernapasan ini, kamu bisa memulainya dengan cara mengetahui penyebab-penyebab, kenapa orang bisa mendengkur saat tidur.

Sepperti dilansri Merdeka.com, inilah dia ke lima penyebab orang bisa mendengkur saat tidur.

1. Alergi Sinus

Mendnegkur bisa disebabkan oleh alergi sinus, atau orang yang sedang mengalami masalah pilek yang memiliki sinus atau infeksi pada bagian hidung. Infeksi ini menyebabkan udara terhambat masih ke tenggorokan sehingga terjadilah suara dengkuran.

2. Bentuk tenggorokan

Kenapa mendengkur lebih banyak dialami oleh pria? Mungkin pertanyaan ini yang masih membuat kamu bingung. Sebenarnya, yang membuat mendengkur lebih banyak di alami pria adalah karena bentuk tenggorokannya yang sempit. Bentuk tenggorokan yang sempit membuat seseorang mengalami mendengkur, dan bentuk tenggorokan yang sempit lebih banyak di miliki oleh pria di banding wanita.

3. Usia

Usia juga menjadi penyebab utama terjadinya pendengkuran. Semakin tuanya usia seseorang maka akan semakin sempit bentuk tenggorokannya. Oleh karena itu, jangan heran jika kebanyakan bapak-bapak yang sudah tua, pasti mendengkurnya lebih keras.

4. Kelebihan berat badan

Selain usia, berat badan juga sangat berpengaruh dengan tenggorokan seseorang. Seseorang yang memiliki berat badan yang berlebihan akan memiliki bentuk tenggorokan yang semakin sempit sehingga, memungkinkan seseorang tersebut untuk mendengkur keras.

5. Merokok

Merokok juga bisa menjadi penyebab terjadinya dengkuran. Merokok menyebabkan tenggorokan menjadi rileks sehingga bisa memicu dengkuran. Selain merokok, kebiasaan minum alkohol juga bisa menjadi penyebab dengkuran.

Nah, itulah dia ke lima penyebab masalah dengkuran pada kaum adam.

 

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Sehat