10 Jenis Gangguan Mata Yang Menandakan Tubuh Kamu Lagi Sakit


gfdghj

Palingseru.com – Mata memang merupakan salah satu organ penting dalam kehidupan manusia. Tak hanya berfungsi untuk melihat, tetapi mata juga bisa menandakan bahwa tubuh kamu sedang sakit

Ya, dengan mata kamu bisa mengetahui bahwa tubuh kamu tersebut sedang sakit atau mengalami suatu masalah atau gangguan kesehatan. Hanya dengan melihatnya saja, kamu bisa mengatahui bahwa tubuh kamu tidak sehat.

Nah, seperti jenis gangguan mata yang berikut ini, gangguan-gangguan mata ini merupakan tanda jika tubuh kamu tidak sehat atau dalam keadaan sakit.

Mau tau jenis gangguan apa saja? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir gaptekupdate.com.

1. Ukuran pupil berbeda

Pupil mata pada orang normal akan memiliki ukuran dan bentuk yang sama. Tapi, jika pupil mata kamu memiliki ukuran berbeda seperti yang sebelah kanan besar dan sebelah kiri kecil itu berarti kamu sedang mengalami gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan tersebut seperti tumor otak, stroke, dan aneurisme otak.

2. Mata kering

Mata kering atau mata yang sensitif pada sinar matahari merupakan gangguan mata yang sangat berbahaya. Hal ini berkaitan dengan gangguan kesehatan pada sistem kekebalan tubuh. seperti sindrom Sjogren, gangguan sistem imun dimana sel imun menyerang dan menghancurkan kelenjar eksokrin yang memproduksi air mata dan liur.

3. Katarak

Katarak merupakan penyakit lansia yang membuat  kekeruhan di lensa mata yang harus di operasi untuk menyembuhkannya. Penyakit ini membuat para lansia tidak bisa melihat dengan jelas.

4. Mata gatal

Mata gatal memang sering terjadi karena banyak hal, seperti binatang, debu dan lainnya. Namun, kamu bisa mewaspadai jika gatal mata juga bisa dikarena kan oleh alergi. Karena daerah mata adalah daerah yang sangat sensitif terhadap berbagai hal.

5. Mata abu-abu

Mata abu-abu atau mata yang ditimbuli seperti cahaya cincin di sekitar kornea mata, harus kamu waspadai karena itu merupakan tanda jika kamu terkena arcus senilis. Penyakit ini sebagai tanda jika kolesteroldan trigliserida kamu yang tinggi. Hal ini bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

6. Alis mata menipis

Jika kamu mengalami alis mata menipis di usia muda kamu bisa berwaspada, karena bisa saja itu sebagai tanda umum dari hipertiroid (tiroid terlalu aktif) atau hipotiroidisme (tiroid tidak terlalu aktif). Tiroid membantu mengatur metabolisme dan hormon tiroid sangat penting untuk produksi rambut.

7. Mata berair

Mata berair disebabkan oleh terkenanya virus. Namun, jika penglihatan kamu menjadi kabur bisa jadi itu pertanda bahwa  kamu mengalami Computer Vision Syndrome (CVS) yang disebabkan kelelahan mata karena memandang layar komputer.

8. Benjolan kuning

Jika kamu mengalami benjolan kuning di mata kamu, itu pertanda bahwa kolesterol di tubuh kamu dalam keadaan tinggi. Benjolan kuning tersebut merupakan lemak yang timbul di daerah mata. Tanda ini juga bisa menjadi tanda awal dari penyakit arteri korener.

9. Mata berdarah

Mata berdarah atau mata merah merupakan tanda bahwa kamu memiliki tekanan darah tinggi. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa kamu akan mengalami stroke.

10. Bagian putih mata menjadi berwarna kuning

Tanda yang satu ini merupakan tanda  bahwa kamu mengalami penyakit kuning atau penyakit hati dan kandung empedu. Jika kamu mengalaminya kamu harus segera periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Nah, itulah dia ke lima jenis gangguna mata yang menandakan bahwa tubuh kamu sedang sakit.

 

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Sehat