You Are Here: Home » Menarik » 7 Fakta Mengejutkan dari Dinosaurus

Triceratop adalah salah satu jenis dinosaurus yang makan tanaman. Sedangkan lengan Tyrannosaurus Rex (T-Rex) ternyata pendek. Apa saja fakta mengejutkan lainnya mengenai hewan prasejarah ini?

Beberapa tahun terakhir, paleontology muncul dengan banyak fakta mengejutkan mengenai dinosaurus. Pameran dinosaurus terbesar dunia, American Museum of Natural History (AMNH), mengungkapkan beberapa fakta yang tidak diketahui sebelumnya.

Kepala dan kurator AMNH Mark A. Norell dari divisi paleontologi mengungkap tujuh fakta paling mengejutkan dan paling sedikit diketahui mengenai dinosaurus. Apa saja?

Ada dinosaurus seukuran burung dara

Meski pameran tersebut fokus pada dinosaurus besar, tak semua hewan purba ini memiliki ukuran yang masif. Terutama karena beberapa spesies sebenarnya memiliki ukuran kecil.

“Nyatanya, banyak yang seukuran kucing atau bahkan burung dara,” ujar Norell. Dinosaurus terkecil yang dikenal adalah Pterodactyl, Nemicolopterus Crypticus yang ditemukan pada 2008 yang hanya sepanjang 25,4 cm.

Pertumbuhan dinosaurus cukup cepat

Dinosaurus relatif tumbuh cepat. Misalnya pada dinosaurus berkaki empat, Mamenchisaurus. Hewan pemakan tanaman dan berleher panjang ini mampu mencapai ukuran badan sepanjang 21 meter untuk menjadi Mamenchisaurus dewasa, hanya selama 30 tahun.

Ada dinosaurus berbulu

Sementara kebanyakan ilustrasi dinosaurus menggambarkan hewan ini bersisik atau berkulit tebal serupa gajah modern, ternyata ada dinosaurus yang memiliki Protofeather atau tertutup benda serupa bulu. Protofeather bukanlah penanda yang dibutuhkan untuk terbang, namun pada dinosaurus yang tak bisa terbang termasuk Velociraptor dan Beipiaosaurus, tidak ditemukan sayap, namun bulu.

Gigi panjang

Salah satu karnivora darat terbesar sepanjang masa adalah T-Rex. Dinosaurus ini memiliki perkiraan berat 6.350 kg dengan panjang 13,7 meter. Namun, monster raksasa ini juga menjadi dinosaurus dengan gigi terpanjang.

Termasuk akarnya, gigi T-Rex bisa mencapai panjang 25,4 cm atau sepanjang iPad. Dengan jumlah gigi sebanyak 50-60 buah ini, T-Rex mampu menggigit 226,7 kg daging atau seberat macan jantan dewasa dalam sekali gigit. Wow!

Tulang

Cukup dengan satu tulang lengkap dinosaurus atau sebagian saja yang dibutuhkan untuk mengidentifikasi satu spesies baru dinosaurus. “Hampir setengah dari 1.200 lebih dinosaurus telah diberi nama dan diketahui dari spesimen tunggal uniknya,” ujar Norell.

Dinosaurus berkeliaran dekat manusia

“Dinosaurus tak punah. Kini kita menyebut mereka burung,” ujar Norell. Kenyataannya, burung berhubungan dekat dengan dinosaurus seperti T-Rex, lanjutnya.

Berwajah bayi

Seperti kebanyakan anak hewan, anak dinosaurus juga memiliki wajah bayi. Pada 2010, peneliti menemukan tengkorak remaja dinosaurus pemakan tanaman yang menunjukkan beberapa dinosaurus memiliki proporsi mata yang lebih besar, wajah yang lebih kecil dan lucu dibanding orang tuanya.

Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber palingseru.com tanks!!

Instal Aplikasi Launcher Palingseru.com di Sini
Baca Palingseru.com di ponsel kamu melalui http://m.palingseru.com
Follow Twitter Kami

Ditulis Oleh:
Tags:

    Apa Komentar Kamu...