7 Sumber Energi Terbarukan Pengganti BBM


geotermal

Palingseru.com – Saat ini BBm memang sangat sulit untuk didapatkan. Hal ini dikarenakan cadangan BBM subsidi pemerintah semakin menipis. Bahkan cadangan minyak bumi di seluruh dunia pun sudah semakin menipis. Namun, tahukah kamu bahwa di dunia ini ada beberapa sumber energi terbarukan yang akan menggantikan BBM.

Selama ini para ahli sudah mencoba untuk menemukan sumber untuk pengganti BBM yang akan segera habis. Diperkiraan sekitar seratus tahun lagi, cadangan minyak bumi akan segera habis diseluruh dunia.

Hal inilah yang membuat para peneliti bekerja keras untuk menemukan penggantinya. Dan ternyata, ada sebanyak 7 sumber yang bisa menjadi pengganti BBM.

Nah, mau tau sumber energi terbarukan apa saja yang akan menggantikan BBM? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Angin

Angin menjadi salah satu sumber energi terbarukan untuk menggantikan BBM. Manusia bisa memanfaatkan angin untuk menghasilkan listrik, memompa air,  menambang hingga mambajak sawah dengan menggunakan kincir angin. Kincir angin memang sejak zaman dahulu sudah digunakan oleh manusia, untuk pembangkit listrik. Selain murah, menggunakan angin juga tidak menimbulkan polusi untuk manusia.

2. Air

Sudah sejak lama manusia menggunakan air sebagai salah satu sember untuk pembangkit listrik. Salah satunya yang paling terkenal adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA. Dikethaui manusia sudah menggunakan PLTA untuk memenuhi kebutuhan listrik mereka. Bahkan di Paraguay sendiri sudah memasok PLTA sebanyak 90 persen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

3. Sinar Matahari

Sinar matahari ternyata bisa menjadi sumber energi untuk membuat panel surya yang bisa dimanfaatkan untuk memasak. Sinar Matahari memang sudah sejak lama digunakan untuk menciptakan panel surya yang lebih murah dan hemat. Bahkan panel surya bisa digunakan dalam bidang teknologi seperti transportasi, komunikasi dan lainnya.

4. Bioenergi

Bioenergi yang dihasilkan dari sisa-sisa tumbuhan ini merupakan salah satu sumber energi yang dapat menggantikan BBM. Salah satu hasilnya yang sudah dipasarkan adalah Bio solar. Bio solar ini termasuk dalam bahan bakar yang bisa diperbarui dan juga sangat ramah lingkungan.

Tak hanya itu kualitas bio solar pun ternyata lebih baik dari solar karena dapat mengurangi polusi. Tapi sayangnya, bio solar sendiri belum bisa menghasilkan energi dalam intensitas yang besar, untu digunakan transportasi yang berintensitas besar.

5. Geotermal

Geotermal merupakan sumber energi  yang berasal dari panas bumi. Geotermal ini bisa ditemukan di kedalaman rata rata 4000 meter dari dalam tanah. Geotermal sendiri bisa lebih bertahan lama bahkan lebih lama dari BBM. Islandia sendiri ternyata sudah menggunakan Geotermal ini untuk kebutuhan listri rakyat mereka. Sumber energi ini dapat ditemukan di sekitar pegunungan.

6. Ombak dari gelombang tidal

Ternyata ombak di pantai juga bisa menjadi sumber energi terbarukan untuk menggantikan BBM. Ombak bisa menghasilkan energi listrik dari gerakan gelombang laut. Sebuah alat yang berbentuk pipa raksasa bisa menjadi alat untuk menyalurkan energi yang dihasilkan oleh ombak.  Negara yang pertama kali menggunakan  sumber energi ini adalah Portugal.

7. Hidrogen

Hidrogen juga menjadi salah satu sumber energi terbarukan untuk menggantikan BBM. Bahkan zat yang sangat mudah ditemukan di bumi ini menjadi sumber energi yang tak menimbulkan polusi sedikit pun. Bahkan saat ini para peneliti tengah  berusaha membuat sistem distribusi hidrogen untuk dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik dan pengganti gas alam BBM.

Nah, itulah dia ke tujuh sumber energi terbarukan yang akan menggantikan BBM.

 

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Menarik