5 Penyebab Kamu Tidak Bisa Lepas Dari Internet


internet-sebagai-sarana-melarikan-diri

Palingseru.com – Memang tidak bisa dipungkiri jika saat ini sudah semakin banyak orang-orang yang bisa menggunakan internet dengan mudah. Hal ini karena akses internet lebih mudah didapatkan meskipun mereka berada didaerah terpencil sekali pun.

Semua orang didunia ini sudah bisa mengakses internet untuk berbagai macam hal. Memang internet bisa membantu mempermudah kehidupan orang-orang didunia ini. Tapi, tidak bisa dipungkiri jika internet juga memiliki efek samping yaitu berupa kecanduan.

Memang tanpa disadari banyak orang yang sudah kecanduan terhadap internet, bahkan mereka seakan-akan tidak bisa hidup tanpa internet.

Setiap hari mereka membuka internet dan bahkan menghabiskan banyak waktu mereka hanya untuk menjelajahi dunia maya.

Namun, tahukah kamu apa penyebab seseorang bisa kecanduan internet?

Nah, ternyata ke lima hal inilah yang menjadi penyebab banyak orang tidak bisa lepas dari internet. Mau tau apa saja? Yuk, langsung saja kita simak ulasanya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Masalah pribadi

Masalah pribadi ternyata juga menjadi penyebab kecanduannya seseorang terhadap internet. Hal ini terjadi kemungkinan besar disebabkan oleh banyak orang yang menjadikan internet sebagai tempat curhatan hati tentang masalah pribadi sehingga saat mereka mendapatkan perhatian dari orang asing di internet mereka akan mudah sekali kecanduan internet dan bahkan menjadikan internet obat masalah pribadi yang paling mujarab dari pada harus menyelesaikannya.

2. Respon biokimia otak

Kecanduan internet juga bisa disebabkan oleh respon biokimia otak yang membuat seseorang merasa bahagia ketika mengakses internet. Seseorang yang sudah kecanduan internet akan selalu merasa bahagia ketika mengakses internet bahkan dalam waktu yang sangat lama dari pada mengerjaka pekerjaan yang lainnya. Hal ini disebabkan oleh respon biokimia otak yang memberi rasa bahagia yang berlebihan saat seseorang mengakses internet,sehingga ia akan selalu meras bahagia dan tanpa merasa lelah meskipun berjam-jam mengakses internet dari pada mengerjakan tugas yang hanya lima menit mereka sudah merasakan lelah dan kantuk secara berlebihan.

3. Rasa malu berlebih

Rasa malu yang dialami seseorang ketika melakukan interaksi kepada khalayak ramai akan membuat seseorang lebih mudah kecanduan internet. Hal ini dikarenakan ia akan menggunakan internet sebagai pelampiasan rasa malu tersebut, karena dengan internet seseorang bisa mendapatkan dan melakukan apa saja yang tidak bisa mereka dapatkan atau lakukan di dunia nyata. Sehingga banyak orang yang merasa puas didunia maya dari pada di dunia nyata.

4. Internet sebagai sarana melarikan diri

Banyak orang yang menggunakan internet sebagai sarana melarikan diri dari masalah yang mereka hadapi didunia nyata . Hal ini dikarenakan didunia maya mereka akan bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan sebenarnya tanpa harus mengalami masalah.

5. Berbagai kemudahan instan

Kemudahan untuk mendapatkan berbagai hal juga bisa membuat seseorang menjadi pecandu internet. Memang tidak bisa dipungkiri jika internet menawarkan berbagai macam kemudahan yang tidak didapat didunia nyata seperti online shop, game online dan sebagainya. Kemudahan ini membuat seseorang menjadi tahan berlama-lama menghadap internet untuk mendapatkan yang mereka inginkan.

Nah, itulah dia ke lima penyebab kenapa seseorang bisa menjadi pecandu internet.

 


Like it? Share with your friends!