5 Fakta Menarik Kota Mati Chernobyl

belarus-menerima-70-dari-kontaminasi-ledakan-nuklir-chernobyl

Palingseru.com – Chenobyl kini menjadi salah satu kota mati yang disebabkan oleh ledakan dahsyat akibat kesalahan pada pengujian Reaktor Nomor 4 di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl yang terjadi  pada tanggal 26 April 1986. Karena banyak penduduk yang langsung pindah akibat Chernobyl ini terlihat hangus seketika sehingga kota ini sekarang menjadi kota mati. Namun, Chernobyl ini sendiri memiliki beberapa fakta menarik yang perlu kamu ketahui.

Beberapa fakta menarik mengenaik kota mati Chernobyl yang hangus akibat pada saat itu ledakan yang terjadi  berhasil melepas kekuatan radioaktif yang sangat besar hingga membuat kota ini menjadi kota yang gelap dengan debu – debu ledakan .

Lalu apa saja fakta menarik kota mati Chernobly ? seperti yang dilansir dari merdeka.com, inilah dia ulasannya .

1. Bencana Buatan Manusia Terbesar Sepanjang Masa

Menurut International Nuclear Event Scale (INES) bahwa peristiwa ledakan dahsyat yang membuat Chernobyl ini menjadi sebuah kota mati akibat bencana yang berasal dari buatan manusia sendiri. Bom ledakan yang terjadi di Chernobyl ini masuk kedalam ledakan bom terbesar hingga level 7 sepanjang masa ini.

2. Belarus Menerima 70 % Dari Kontaminasi Ledakan Nuklir

Fakta yang ada pada kota mati Chernobyl ini juga menjadikan Belarus sebagai salah satu daerah yang menerima 70 % kontaminasi akibat ledakan nuklir yang terjadi di 10 mil jauhnya dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl itu. Bahkan , akibat peristiwa ini Belarus mengalami  kehilangan lebih dari USD 235 miliar (atau sekitar Rp 2.291 T)  dan mengalami banyaknya penyakit bermunculan seperti leukemia, kanker tiroid, hingga penyakit kardiovaskular.

3. Hujan Nuklir Chernobyl Sampai ke Irlandia

Sa;ah satu fakta yang ada ktika ledakan nuklir yang terjadi di Chernobyl ini juga diketahui jika hujan nuklir tersebut sampai ke Irlandia. Bahkan , sebuah peneltitian yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan Inggris mengatakan jika 369 peternakan dan 190.000 domba di Inggris masih mengandung jejak samar radioaktif dari bencana Chernobyl.

4. Pemerintah Masih Membayar Tunjangan Untuk  7 Juta Orang Yang Terkena Dampak Bencana Chernobyl

Bencana yang terjadi di Chernobyl ini juga diketahui jika pemerintah disana masih peduli dengan warganya. Bahkan , diketahui jika Forum PBB untuk Chernobyl, Belarus, Ukraina dan Federasi Rusia masih membayar tunjangan pada sekitar 7 juta orang yang terkena dampak dari bencana. Hingga saat ini diketahui sebesar 5% sampai 7%  korban Chernobykl masih mendapatkan bantuan dari dari pengeluaran tahunan pemerintah Ukraina.

5. Sekitar 97% bahan radioaktif dari PLTN Chernobyl masih terkubur

Ledakan di Chernobyl yang pada dasarnya akibat kesalahan nuklir dari bahan radioaktif PLTN ini ternyata sampai saat ini masih ada 97 % bahan radiokaktif dari PLTN yang masih terkubur. Ledakan akibat reakton no 4 yang disebut The Sarcophagus ini nantinya akan membuat seluruh bangunan  akan runtuh jika terjadi gempa berkekuatan enam atau lebih pada skala Richter.

Nah, itulah dia kelima fakta menarik kota mati Chernobyl.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Lihat Juga

Apa Komentar Kamu