10 Negara Penghasil Emas Terbanyak Di Dunia


keepo.me-gold-coins

Palingseru.com – Emas merupakan barang tambang yang sangat berharga bagi semua orang. Emas ini memiliki banyak manfaatnya, yaitu sebagai perhiasan, penghasil uang, dan sebagainya.

Emas ini merupakan barang yang paling banyak di buru, karena harga jualnya yang sangat tinggi, dan juga dapat meningkatkan status sosial seseorang ketika menggunakannya.

Oleh karena itu, tak heran jika ada banyak negara yang menjadikan emas sebagai harta cadangan negara tersebut. Seperti ke sepuluh negara ini yang merupakan penghasil emas terbanyak di dunia.

Mau tau negara mana saja? Yuk, langsung saja kita simak ulasanya yang berikut ini, seperti dilansir Keepo.me.

1. Uzbekistan

Uzbekistan merupakan salah satu negara penghasil emas terbanyak di dunia. Sebanyak lebih dari 90,000 kg emas pertahun dihasilkan oleh Uzbekistan. Uzbekistan mendapatkan emasnya dari tambang Murutau, yaitu wilayah yang berada di negaranya.

2. Indonesia

Tanah Air yang kita cintai ini ternyata juga merupakan  negara penghasil emas terbanyak di dunia. Emas tersebut di dapat dari tambang Grasberg  yang merupakan tambang terbesar di dunia. Setiap tahun tambang Grasberg bisa menghasilkan emas sebanyak 100,000 kg.

3. Ghana

Negara selanjutnya adalah negara Ghana yang menjadi negara terbesar kedua di Afrika  penghasil emas terbanyak di dunia. Lebih dari lebih dari 100,000 kg emas dapat dihasilkan oleh Ghana setiap tahunnya.

4. Kanada

Negara Kanada adalah negara  yang terletak di Amerika Utara, Negara  ini mampu memproduksi 110,000 kg emas tiap tahunnya, Yang menjadi penyumbang terbanyak bagi Negara Kanada adalah  Ontorio.

5. Peru

Negara penghasil emas selanjutnya adalah Peru, negara ini terletak di Amerika Latin , negara ini mampu memproduksi emas yang cukup banyak , melebihi negara Kanada yaitu menghasilkan lebih dari 150,000 kg emas untuk setiap tahun.

6. Afrika Selatan

Afrika Selatan pernah menjadi negara penghasil emas terbesar di dunia pada tahun 2006, Namun pada tahun berikutnya   peringkatnya terus terun hingga tahun ini. Dan di tahun ini Afrika Selatan memproduksi lebih dari 190,000 kg emas per tahun.

7. Rusia

Negara Rusia berada di belahan dunia utara. negara Rusia ini mampu memproduksi emas lebih dari 200,000 kg setiap tahunya, dan kebanyakan emas tersebut didapatkan dari Siberia.8. Amerika Serikat

Negara selanjutnya adalah negara Amerika Serikat , Penghasil emas terbesar di negara ini adalah nevada, namun terdapat beberapa tempat yang juga menjadi sumber penghasil emas di negara ini seperti montana. Negara Amerika serikat ini mampu memproduksi emas sebanyak 237,000 kg setiap tahunnya.

9. Australia

Negara Australia adalah negara penghasil emas yang cukup banyak setiap tahunya yaitu lebih dari 270,000 kg emas.Emas menjadi salah satu barang favorit bagi warga negara di Australia. Emas terbesar disumbang oleh tambang Golden Mile. Tambang tersebut terletak di Western Australia.

10. China

Negara China adalah negara penghasil emas terbesar di dunia. Negara ini  juga merupakan negara pengguna emas terbesar di dunia. Negara China mampu memproduksi emas dengan jumlah yang fantastis yaitu 355,000 kg setiap tahunnya.

Nah, itulah dia ke sepuluh negara penghasil emas terbanyak di dunia.

 

More From: Menarik