Ini Bahayanya Jika Kamu sering Menahan Kencing


gangguan-kesehatan-akibat-menahan-buang-air-kecil

Palingseru.com – Menahan kencing ini merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sering kita lakukan. Terkadang , dalam keadaan sedang sibuk ini sinyal tubuh untuk buang air kencing selalu kita tahan hingga pekerjaan itu selesai. Padahal, keseringan menahan kencing ini memiliki banyak bahaya yang mengancam kadung kemihdi dalam tubuh kita.

Keseringan menahan kencing ini dapat membuat kandung kemih memicu perkebangbiakan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan membuat kerusakan gunjal. Hal ini dikarenakan , kandung kemih yang memang tempat penampungan urine ini memiliki  kapasitas maksimal sekitar 15 ons cairan (0,4 liter) . Ketika kamu menahan kencing dalam jangka panjang, maka organ di dalam kantung kemih ini semakin meregang.

Pergangan organ inilah yang memberikan sinyal agar kamu segera ke toilet untuk buang air kencing. Namun, ketika sinyal itu kamu abaikan maka tubuh akan kehilangan kemampuan untuk mengetahui kapan saatnya untuk pipis kembali.

Sehingga semakin lama kamu menahan kencing , urine tersebut akan terus tertampung dan menyebabkan infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri yang mempengaruhi saluran kemih (organ yang menyimpan dan melepaskan air seni).

Dan ketika rasa kencing itu semakin lama ditahan , maka bakteri yang ada di saluran kandung kemih itu akan masuk ke uretra yang menyebabkan kerusakan ginjal. Awlnya , kerusakan ginjal ini akan ditandai dengan gejala urine kecokelatan atau berdarah, anyang-anyangan (sering ingin buang air kecil meski tak ada urine yang dikeluarkan) dan demam ringan.

Untuk itu disarankan sesibuk dan serumit apapun situasi yang sedang kamu lakukan , jika terasa ingin buang air kencing usahakan untuk segera pergi ke toilet . Hal ini juga berguna untuk menjaga kesehatan ginjal dan kandung kemih sehingga kamu tidak akan mengalami masalah kesehatan seperti ini.

More From: Sehat