5 Alutsista Terbaru Yang Bikin TNI Semakin Kuat


2

Palingseru.com – Selama ini TNI negara Indonesia sering diremehkan oleh negara lain. Namun, saat ini TNI Indonesia sudah semakin kuat karena sudah memiliki alutsista atau alat perang terbaru yang sangat canggih dan hebat.

Alutsista terbaru ini membuat TNI Indonesia semakin kuat dan tidak bisa digertakan oleh negara asing lagi. Alutsista terbaru ini dipamerkan dalam perayaan HUT TNI ke-69 di Dermaga Ujung Armatim, Surabaya, Jawa Timur beberapa hari yang lalu.

Alutsista terbaru ini dipamerkan dengan maksud dan tujuan agar negara lain mengetahui bahwa kekuatan TNI Indonesia sudah tidak bisa diremehkan lagi, dan TNI Indonesia akan ditakutkan oleh negara lain.

Tak hanya itu, maksud  dari show ini adalah juga untuk menunjukan bahwa kepemimpinan SBY ( Susilo Bambang Yudhoyono ) telah berhasil menciptakan TNI yang sangat tangguh dan tak terkalahkan.

Nah, mau tau seperti apa alutsista terbaru milik TNI Indonesia yang dikatakan dapat memperkuat TNI? Yuk, langsung saja kita simak ulasanya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. KRI Usman Harun-359 dan KRI John Lie

5-alat-perang-terbaru-bikin-tni-tak-mempan-digertak-negara-asing

Alutsista yang pertama kali dipamerkan oleh TNI Indonesia adalah tiga kapal perang yaitu KRI Bung Tomo-357, KRI Usman Harun-359 dan KRI John Lie-358. Ketiga kapal perang ini memiliki berat sekitar 1.940 ton dengan panjang keseluruhan 95 meter dan lebar 12,8 meter. Kapal ini memiliki kecepatan mencapai 30 knot dengan daya jelajah 9.000 km. Kapal ini juga dilengkapi dengan dua meriam 76 mm, dua meriam 30 mm, peluncur triple BAE System kaliber 324 mm, dan torpedo antikapal selam.

2. Apache AH-64D Longbow

2

Jika TNI Angkatan Laut memiliki kapal perang yang sangat tangguh, TNI Angkatan Darat juga memiliki dua helikopter serbu terbaik di dunia. Helikopter ini berfungsi untuk menghancurkan tank, panser, jembatan dan markas lawan serta rudal AIM-9P Sidewinder untuk menghantam pesawat atau helikopter lawan.

3. Skyshield 35 mm MK-2

3

TNI Angkatan Udara juga memiliki alat perang canggih yaitu Skyshield 35 mm MK-2 buatan Swiss Oerlikon Contraves Rheinmetall tahun 2014.Skyshield Gun Missile ini merupakan  sistem pertahanan udara yang memiliki jangkauan peluru sejauh 4.000 m dengan kecepatan 1.000 peluru/menit, dan jarak kecepatan amunisi rata-rata 1.050 meter/detik.

4. F-16 Blok 52ID.

4

Satu lagi alat perang milik TNI AU yaitu F-16 Blok 52ID, berupa pesawat bekas hibah dari US Coast Guard yang telah diupgrade menjadi setara Block 52. Pesawat F-16 Blok 52ID ini memiliki senjata yang sangat canggih yaitu rudal jarak pendek AIM-9 Sidewinder P-4/L/M dan IRIS-T (NATO) serta rudal jarak sedang AIM-120 AMRAAM-C. Tak hanya itu, F-16 Blok 52ID juga memiliki persenjataan kanon 20 mm, bomb standar MK 81/82/83/84, Laser Guided Bomb, JDAM (GPS Bomb), rudal AGM-65 Maverick, rudal AGM-84 Harpoon (anti kapal), rudal AGM-88 HARM (anti radar).

5. Tank Leopard

tank-leopard-rev4

Kali ini TNI AD memamerkan  Tank Leopard untuk alat perang terbaru mereka. Tank Leopard ini memiliki bobot 62,3,  dengan senjata meriam utama kaliber 120 dan 2 senapan mesin kaliber 7.62 mm.  Tank ini juga memiliki kekuatan kekuatan 1.500 tenaga kuda, yang sanggup menjelajah sampai 550 kilometer dengan kecepatan maksimal 72 kilometer/jam di jalan raya dan 34 kiometer/jam di medan berlumpur.

Nah, itu dia ke lima alat perang terbaru milik TNI Indonesia yang harus kamu ketahui.

 

 

 

More From: Menarik