5 Akibat Buruk Terlalu Banyak Konsumsi Kalsium


kjkl;l

Palingseru.com – Kalsium merupakan salah satu nutrisi tubuh yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kalsium ini sangat dibutuhkan oleh tubuh karena kalsium dapat  mendukung pertumbuhan tulang dan gigi.

Tapi, tahukah kamu bahwa kelebihan kalsium didalam tubuh juga sangat tidak baik untuk kesehatan kamu, karena terlalu banyak konsumi kalsium dapat menyebabkan beberapa penyakit yang cukup berbahaya.

Nah, mau tau penyakit apa saja yang disebabkan karena terlalu banyak kalsium didalam tubuh? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com

1. Hipertiroidisme

Hipertiroidisme merupakan gangguan terhadap kelenjar paratiroid yang berfungsi untuk mengendalikan  jumlah kalsium dan fosfor yang ada didalam tubuh. Kelenjar tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh, namun jika kamu terlalu banyak mengonsumsi kalsium dapat membuat kelenjar tersebut menjadi terganggu dan bermasalah.

2. Penyakit kardiovaskular

Kelebihan kalsium didalam tubuh juga dapat menyebabkan  jantung kamu terganggu. Tak hanya terganggu kelebihan kalsium juga dapat membuat kamu mudah terserang penyakit jantung.

3. Mudah merasa lelah dan mual

Untuk mengetahu apakah tubuh kamu menyimpan terlalu banyak kalsium atau tidak bisa dilihat dari tanda mual dan sering mudah merasa lelah. Tanda mual dan mudah merasa lelah ini menunjukan jika tubuh kamu banyak mengandung kalsium. Karena kalsium yang terlalu banyak didalam tubuh dapat membuat fungsi tubuh kamu tidak bisa bekerja dengan baik.

4. Penurunan jumlah mineral lainnya

Tubuh yang terdapat banyak kalsium akan membuat  mineral didalam tubuh lainnya akan terdesak dan  membuat jumlahnya menjadi berkurang. Hal ini dapat dirasakan dengan  meningkatnya tekanan darah dan juga detak jantung yang terdetak cepat.

5. Batu ginjal

Batu ginjal disebabkan oleh fungsi hati yang tidak bekerja dengan baik. Hal ini ternyata juga bisa disebabkan oleh kadar kalsium yang tinggi, yang ternyata dapat mengganggu kerja hati dan dapat menyebabkan batu ginjal.

Nah, itulah dia beberapa penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar kalsium dalam tubuh.

 

 

 


Like it? Share with your friends!