10 Makanan yang Bisa Mencegah Batuk Dan Pilek


images

[ads1]Palingseru.com – Cuaca yang sedang buruk seperti ini memang mudah membuat tubuh menjadi terserang penyakit seperti batuk dan pilek. Namun, untuk di musim yang kurang baik ini kamu juga bisa menghindari penyakit batuk dan pilek tersebut dengan mengonsumsi beberapa makan yang bisa mencegah penyakit tersebut. Beberapa makanan yang bisa mencegah batuk dan pilek ini sangat cocok dikonsumsi di musim pancaroba seperti ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar daya tahan tubuh tetap fit setiap hari.

Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 10 makanan yang bisa mencegah batuk dan pilek.

1. Susu skim

Susu skim merupakan salah satu makanan yang bisa mencegah batuk dan pilek akibat kandungan vitamin D yang bisa bermanfaat untuk memperbaiki pengaruh darah putih dalam melawan penyakit.

2. Paprika merah

Paprika merah juga salah satu makanan yang bermanfaat untuk mencegah batuk dan pilek karena kandungan vitamin C nya ini yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Teh

Teh merupakan salah satu minuman sehat yang sangat baik dikonsumsi untuk mencegah batuk dan pilek akibat kandungan antioksidan di dalamya mampu meningkatkan sel imun yang lebih kuat untuk melawan penyakit .

4. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu makanan yang juga baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit batuk dan pilek. Di dalam yogurt ini mengandung probiotik, bakteri yang baik untuk meningkatkan sistem imun dan menurunkan risiko penyakit gusi atau bahkan beberapa jenis kanker.

5. Keju dari susu kambing

Penyakit batuk dan pilek ini juga mampu dicegah dengan mengonsumsi kdejan susu kambing. Kedua makanan ini mengandung zat tembaga yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh.

6. Blueberries

Blueberries ini memiliki kandungan anti-oksidan yang baik untuk mencegah penyakit yang telah dibuktikan dari sebuah penelitian di USDA Agriculture Research Service di Little Rock, Arkansas.

7. Kwaci labu

Kwaci labu ini juga makanan yang sangat baik untuk mecegah batuk dan pilek.  Kwaci yang berasal dari biji labu kaya akan kandungan zinc, sebuah mineral yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

8. Jamur

Jamur memiliki kandungan antiviral dan atibakterial serta sumber vitamin D yang baik untuk sistem kekebalan tubuh sehingga mampu mencegah penyakit batuk dan pilek.

9. Brokoli

Brokoli merupakan sayur berdaun hijau mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memiliki kandunga nutrisi  yang baik dalam melawan penyakit. Hal ini telah dibuktikan dari Studi dari The Journal of Nutritional Biochemistry .

10. Pasta

Pasta memiliki kandungan nutrisi pentin yang baik untuk menjaga sistem imun dan memberi energi seperti yang telah di buktikan dari hasil penelitian di Universitas Stanford .

Nah, itulah dia sepuluh makanan yang bisa mencegah batuk dan pilek.

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Sehat