5 Cara Lee Kuan Yew Bikin Singapura Jadi Negara Maju


atur-gaya-hidup-warga-agar-tidak-jorok-rev1
[ads1]Palingseru.com – Singapura saat ini menjadi salah satu negara maju yang telah berkembang demi perjuangan Lee Kuan Yew yang dikenal sebagai bapak bangsa Singapura . Lee Kuan Yew selama hidupnya ini memiliki kisah penuh perjuangan untuk memajukan negara Sigapura sebagai kota perdagangan perekonomian sepanjang abad 20.

Kota Singapura diketahui memperoleh kemerdekaan pada 1959 yang pada saat itu telah merasakan kemakmuran. Namun pada saat itu juga Singapura mengalami kehancuran infrastruktur yang pastinya bikin pereknomian dan perdagangan disana turun drastis hingga banyaknya warga yang menjadi miskin dan gelandangan.

Bertkat perjuangan Lee Kuan Yew ini bisa bikin negara Singapura menjadi maju kembali. Lee yang pada saat itu menjadi sebagai Sekjen Partai Aksi Rakyat (PAP) yang menguasai parlemen yang berkerjasama dengan Malaysia. Dan seiring perang dunia ke 2 ini membuat Singapura memiliki  lima kebijakan yang pada akhirnya Singapura dikenal sebagai negara maju di abad 21  dengan pendapatan per kapita tertinggi di Asia. Selain itu juga memiliki kualitas pendidikan dan kesehatan tinggi.

Dan buat kamu yang masih penasaran dengan cerita Lee Kuan Yew bisa bikin Singapura menjadi negara maju. Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia ulasannya.

1. Wajibkan Asuransi dan Subsidi Rumah Warga

Salah satu langkah kenapa Lee Kuan Yew bisa bikin Singapura menjadi negara maju ini dengan memiliki kebijakan dalam mewajibkan asuransi dan subsidi bagi rumah warga. Diketahui bila saat ini sudah terdapat 90 persen dari 5,5 juta warga Singapura memiliki rumah berkat skema subsidi negara. Selain itu, seluruh pekerja masuk dalam skema Central Provident Fund (CPF). Di tambah lagi para pensiun akan mendapatkan tunjangan hingga bertahun – tahun dengan hanya di potong 20 persen dan pajak penghasilan hingga 60 persen.

2. Obral Zona Bebas Pajak Buat Perusahaan Asing

Lee Kuan Yew bisa bikin Singapura menjadi negara maju ini juga disebabkan dengan memiliki program yang begitu intensif yakni dengan mengobral zona bebas pajak bagi para perusahaan asing. Dengan begini Singapura akan lebih mendapatkan investasi tinggi yang diketahui nilai ekspor Negeri Singa mencapai USD 510,3 miliar, jauh di atas Indonesia yang ‘hanya’ USD 190,04 miliar, dan ini juga berkat barang-barang yang dikirim ke pelbagai negara itu sebagian devisanya masuk ke kas negara.

3. KB dan Pajak Jaga Lalu Pertambahan Penduduk

Cara Lee Kuan Yew ini bisa bikin negara Singapura maju ini dengan menjalankan program keluarga berencana yang nanntinya dikawinsilangkan dengan pajak. Sehingga bagi setiap orang yang memiliki anak lebih dari 2 maka akan dikenakan pajak . Ini disebabkan jika pertambahan kelahiran juga berpengaruh dengan kemajuan negara dan kepadatan penduduk. Sehingga dengan menetapkan sistim pajak ini mereka akan lebih tertaru untuk bisa menjalankan sistem KB yang cukup 2 anak lebih baik. Selain itu juga , bagi setia anak yang lahir di peryaan kemerdekaan maka mereka akan mendapatkan sebuah bonus dari negara yakni berupa beasiswa mencapai 10.000 Dolar Singapura (setara Rp 93 juta).

4. Atur Gaya Hidup Warga Agar Tidak Jorok

Singapura selain terkenal sebagai negara maju juga dikenal sebagai negara yang bersih dan memiliki tata letak kota yang teratur dan bersih. Ini juga berkat Lee kUan Yew yang memang memiliki aturan ketat bagi warganya untuk tidak buang ludah sembarangan dan juga makan permen karet. Lee Kuan Yew ini juga mengajarkan warganya untuk disiplin enyiram toilet setelah membuang air besar dan kecil di berbagai WC umum. Dan bila warnganya melanggar peraturan yang telah ditetapkan maka harus bertanggung jawab dengan membayar denda yang nilainya jauh lebih besar.

5. Batasi Kebebasan Pers dan Aposisi Politik

Cara Lee bisa bikin Singapura maju juga berkat dirinya menetapkan sebuah peradilan dengan mengedepankan stabilitas negara yakni dengan membatasi kebebsan pers dan aposisi politik tanpa peradilan ratusan anggota Partai Komunis Singapura. Semua media massa milik pemerintah, tidak ada kritik, partai oposisi dikucilkan yangs emua itu berlandasan nilai nilai Asia.

Nah, itulah dia kelima cara Lee Kuan Yew bisa bikin Singapura menjadi Negara Maju.

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Menarik