4 Makam Keramat di Banten ini Wajib Kamu Kunjungi


4-makam-kramat-di-banten-yang-sering-dibanjiri-warga

Palingseru.com – Banten merupakan tempat wisata religi yang setiap tahunnya dipenuhi dengan orang-orang dari berbagai wilayah yang datang untuk berziarah atau hanya sekedar mengunjungi makam-makam para ulama Banten.

Ada beberapa makam ulama Banten yang dianggap keramat hingga menjadi daya tarik pengunjung. Tak hanya itu, bahkan beberapa makam keramat tersebut malah wajib dikunjungi oleh peziarah setiap tahunnya atau setiap datang ke sana.

Nah, Jika kamu datang ke Banten sepertinya kamu harus mengunjungi beberapa makam keramat para ulama Banten, seperti yang sudah dilakukan oleh orang-orang yang berkunjung ke sana.

Berikut ini ada empat makam keramat yang wajib kamu kunjungi. Seperti dilansir Merdeka.com, inilah dia ke empat makam keramat tersebut.

1. Gunung santri makam Syekh Muhammad Sholeh

1

Syekh Muhammad Sholeh merupakan santri dari Sunan Ampel,  yang makamnya bisa berubah menjadi berbentuk seperti ayam jago. Hal inilah yang membuat daya tarik pengunjung sehingga ingin melihatnya sendiri.  Makam Syekh Muhammad Sholeh ini terletak di Gunung Santri, yang jarak tempuhnya 500 M dari kaki bukit menuju puncak dan hanya bisa dilewati dengan  berjalan kaki. Untuk bisa sampai ke makam Syekh Muhammad Sholeh ini dibutuhkan tenaga yang kuat karena tempat yang dituju memiliki kemiringan hingga 70-75 derajat.

2. Cikadeun Makam Syekh Maulana Mansyuruddin

2

Syekh Maulana Mansyuruddin merupakan putra Sultan Agung Abdul Fatah Tirtayasa (raja Banten ke 6). Ia meninggal dunia pada 1672 M dan dimakamkan di daerah Cikadueun, Pandeglang Banten. Makamnya ini sangat sering dikunjungi karena kisah semasa hidupnya yang sangat menakjubkan.

3. Caringin Makam KH Asnawi

3

KH Asnawi merupakan seorang ulama, anak dari Abdurrahman dan ibunya bernama Ratu Sabi’ah dan merupakan keturunan ke 17 dari Sultan Ageng Mataram atau Raden Fattah. KH Asnawi terkenal sebagai ulama dan jawara sakti yang sangat disegani oleh para penjajah Belanda.

Ia meninggal pada tahun 1937 dengan meninggalkan meninggalkan 23 anak dari lima Istri (Hj Ageng Tuti halimah, Hj sarban, Hj Syarifah, Nyai Salfah dan Nyai Nafiah) dan di makamkan di Masjid Salfiah Caringin.

Makam KH Asnawi ini merupakan salah satu makam yang paling banyak dikujunngi.

4. Makam Sultan Maulana Hasanuddin Banten

4-makam-kramat-di-banten-yang-sering-dibanjiri-warga

Makam Sultan Maulana Hasanuddin juga menjadi salah satu makam yang sellau dikungi oleh para peziarah. Makam tersebut ada di komplek makam para sultan Banten yang terletak di Masjid Agung Banten, seperti makam Sultan Maulana Hasanuddin, Sultan Ageng Tirtayasa, Sultan Abdul Mufachir Muhammad Aliyudin, dan lain-lain.

Sultan Maulana Hasanuddin merupakan orang yang paling berpengaruh dalam penyebaran agama islam di Banten, sehingga makamnya selalu dikunjungi oleh para peziarah.

Nah, itulah dia ke empat makam di Banten yang wajib dikunjungi oleh para peziarah.

 

More From: Wisata dan Kuliner