You Are Here: Home » Menarik » 10 Aquarium Paling Besar di Dunia

10 Aquarium Paling Besar di Dunia – Ukuran rata-rata untuk tangki akuarium rumahan adalah sekitar 29 atau 30 galon. Akuarium publik dapat secara dramatis jauh lebih besar daripada akuarium rumah dan berukuran sampai beribu-ribu bahkan berjuta-juta galon. Tapi hanya sedikit yang cukup besar untuk membuatnya masuk ke daftar akuarium terbesar di dunia. Yaitu jenis akuarium yang dapat menampung hiu paus dan ikan pari. Dibutuhkan sebuah tangki yang sangat besar untuk menampung makhluk air semacam ini. Dan akhirnya, inilah daftar 10 akuarium terbesar di dunia.

1. Aquarium of Western Australia (793.000 galon)

Terletak di pinggiran pantaiPerth, Aquarium of Western Australia atau biasa disingkat dengan AQWA, memiliki tangki akuarium terbesar di Australia. Tangki utama akuarium ini memiliki panjang 40 meter dan lebar 20 meter dan dapat menampung 3.000.000 liter (793.000 galon) air laut. Di dalamnya terdapat terowongan bawah air sepanjang 98 meter. Dengan biaya tambahan, pengunjung dapat melakukan snorkling dan menyelam untuk dapat berada lebih dekat dengan ikan, hiu, dan ikan pari dengan ditemani penyelam profesional dalam menjelajahi tangki aquarium utama.

2. Aquarium of Genoa (<1 juta galon)

Dibangun untuk Expo 92, Aquarium of Genoa di Italia adalah salah satu akuarium terbesar di Eropa. 70 tangki akuarium mereproduksi habitat laut dan darat dari seluruh dunia dan menyediakan rumah untuk lebih dari 6000 hewan. Beberapa tangki mereproduksi lingkungan alam dari daerah yang berbeda seperti Mediterania, Laut Merah dan Samudra Hindia. Yang paling spektakuler adalah tangki yang berisi hiu, lumba-lumba dan anjing laut.

3. Shanghai Ocean Aquarium (<1 juta galon)

Shanghai Ocean Aquarium merupakan salah satu akuarium terbesar di Asia. Aquarium ini terdiri dari 9 zona pameran dari seluruh dunia, termasuk Zona China, Zona Antartika dan Zona Australia. Zona China adalah rumah bagi beberapa spesies yang terancam punah di perairan China, termasuk spesies langka dan berharga dari Sungai Yangtze. Daya tarik terbesar dari akuarium ini adalah terowongan bawah air yang memiliki panjang 155 meter dan menobatkannya sebagai terowongan bawah laut terpanjang di dunia.

4. uShaka Marine World (<1 juta galon)

uShaka Marine World terletak di Durban, Afrika Selatan. Berisi akuarium terbesar di Afrika dan memuat 32 tangki aquarium. Makhluk-makhluk laut yang ditemukan di akuarium berkisar dari kuda laut kecil sampai hiu dan lumba-lumba. Akuarium ini dibangun untuk terlihat seperti kapal tua yang tenggelam dan berisi sejumlah restoran dan kafe. Yang paling menonjol dari restoran ini adalah “The Cargo Hold”, restoran yang dindingnya dari akuarium berisi sejumlah hiu yang terlihat dari sebagian besar ruang makan.

5. Monterey Bay Aquarium (1,2 juta galon)

Monterey Bay Aquarium terletak di lokasi bekas tempat pengalengan ikan sarden di Monterey, California. Salah satu tangki berukuran 10 meter dan dapat menampung 1,3 juta liter (0,33 juta galon) untuk memperlihatkan kehidupan bawah laut pesisir California. Tangki utamanya sendiri dapat menampung 4,5 juta liter (1,2 juta galon) yang ditampilkan dari jendela tunggal dan merupakan salah satu terbesar di dunia. Kehidupan laut yang ditampilkan ikan pari, ubur-ubur, berang-berang laut, dan berbagai spesies laut asli, yang dapat dilihat di atas dan di bawah permukaan air.

6. Turkuazoo (1,32 juta galon)

Dibuka pada tahun 2009, Turkuazoo adalah akuarium raksasa Turki pertama yang menampilkan hutan hujan tropis, hutan tropis dan zona laut. Akuarium ini terletak di dalam Forum Istanbul Shopping Mall dan berisi sebuah terowongan sepanjang 80 meter di bawah air. Turkuazoo menampung sekitar 10.000 makhluk laut termasuk hiu macan, ikan pari raksasa dan piranha di 29 tangki yang berbeda di mana yang terbesar dapat menampung 5 juta liter (1,32 juta galon) air.

7. L’Oceanogràfic (1,85 juta galon)

L’Oceanogràfic adalah kompleks laut di mana habitat laut yang berbeda yang ditampilkan. Hal ini terintegrasi dalam sebuah kompleks yang dikenal sebagai Kota Seni dan Ilmu Pengetahuan dalam kota Valencia, Spanyol. Oceanogràfic memiliki tangki akuarium terbesar di Eropa dan lebih dari 45.000 makhluk laut. Di dalamnya juga terdapat sembilan menara di bawah air, terstruktur pada dua tingkat yang mewakili beberapa ekosistem laut. Dua menara air dihubungkan dengan sebuah terowongan bawah air sepanjang 35 meter dan tangki tersebut dipenuhi dengan hiu, pari dan 7 juta liter (1,85 juta galon) air.

8. Okinawa Churaumi Aquarium (1,98 juta galon)

Okinawa Churaumi Aquarium terletak di dalam Ocean Expo Park di Jepang dan dibuka pada tahun 2002. Tangki utama dari akuarium, disebut Laut Kuroshio, menampung 7,5 juta liter (1.981.000 galon) air dan memiliki sebuah panel kaca akrilik berukuran 8,2 x 22,5 meter dengan ketebalan 60 cm, panel tersebut merupakan panel terbesar di dunia ketika akuarium dibuka. Paus hiu dan ikan pari manta disimpan bersama banyak spesies ikan lainnya di Laut Kuroshio. Pada Juli 2010, telah ada total empat pari manta yang lahir di akuarium tersebut.

9. Dubai Mall Aquarium (2,64 juta galon)

Dubai Mall, salah satu pusat perbelanjaan terbesar di dunia, adalah bagian dari kompleks Burj Dubai. Pusat dari mall tersebut adalah tangki akuarium raksasa, dengan kapasitas 10 juta liter (2,64 juta galon) air. Akuarium ini memiliki lebih dari 33.000 satwa laut termasuk lebih dari 400 hiu dan ikan pari. Aquarium ini resmi meraih Guinness World Record untuk Panel Acrylic Terbesar di dunia. Panel berukuran 8,3 x 32,88 meter dan setebal 75 cm mengalahkan Okinawa Churaumi Aquarium di Jepang. Pada bulan Februari 2010, tangki yang berisi hiu mengalami kebocoran dan menyebabkan evakuasi dan penutupan singkat mall ini.

10. Georgia Aquarium (6,3 juta galon)

Georgia Aquarium di Atlanta adalah akuarium terbesar di dunia dan rumah bagi lebih dari 100.000 makhluk laut. Didanai sebagian besar oleh sumbangan senilai $ 250 juta dari pendiri Home Depot, Bernie Marcus, akuarium dibuka pada November 2005. Aquarium Georgia adalah satu-satunya tempat di luar Asia yang memiliki hiu paus. Hiu paus tersebut disimpan dalam sebuah tangki raksasa yang dapat menampung 24 juta liter (6,3 juta galon) air. Ada kontroversi seputar keputusan Aquarium Georgia untuk menjadi habitat bagi hiu paus. Kekhawatiran tentang ini menjadi semakin meningkat seiring kematian dua dari hiu paus yang awalnya diperoleh. Sumber 10 Aquarium Paling Besar di Dunia di sini
baca juga
Silahkan copy paste artikel ini namun cantumkan link sumber palingseru.com tanks!!

Instal Aplikasi Launcher Palingseru.com di Sini
Baca Palingseru.com di ponsel kamu melalui http://m.palingseru.com
Follow Twitter Kami

Ditulis Oleh:

    Apa Komentar Kamu...