Video dan Kronologi Jatuhnya Pesawat Hercules di Medan


414673_620

[ads1]Palingseru.com – Kabar jatuhnya pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara di dekat Lanud Soewondo, bekas Bandara Polonia Medan ini memang menjadi berita duka warga Indonesia. Penyebab terjatuhnya pesawat Hercules C-130 itu diakibatkan kesalahan teknis mesin.  Kronologis jatuhnya pesawat Hercules di Medan ini pun telah dijelaskan oleh Komandan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Kolonel (Pnb) Khairil Lubis.

Dalam penjelasannya itu, Khairil Lubis mengatakan jika pesawat Hercules C-130 pada saat itu sedang mengangkut logistik ke berbagai daerah. Pesawat tersebut awalnya terbang pukul 08.00 WIB pada 30 Juni 2015 dari Pangkalan Udara Abdul Rachman Saleh, Malang, kemudian bermalam di Halim Perdanakusuma, Jakarta. Setelah itu, pesawat melanjutkan penerbangan ke Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Berdasarkan surat perintah terbang bernomor SPT/1171/VI/2015 , Pesawat Hercules C-130 ini seharusnya kembali ke Malang pada Kamis, 2 Juli 2015 nanti. Namun kabar duka datang secara tiba – tiba dimana dikabarkan jika pesawat tersebut jatuh seusai takeoff dari Pangkalan Udara Suwondo, Medan, menuju Tanjung Pinang.

Korban tewas yang berhasil dievakuasi dari pesawat jatuh  sumber tribunmedan
Korban tewas yang berhasil dievakuasi dari pesawat jatuh sumber tribunmedan

Di dalam pesawat itu terdapat sejumlah personel yang merupakan Pasukan Khas 462/Pulanggeni, Pekanbaru, dalam rangka pergantian prajurit operasi di satuan radar Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Dan tragisnya , sejumlah pasukan Khas 462/pulanggeni itu menjadi korban dalam rombongan pesawat tersebut .

Komandan Batalion Paskhas 462 Pulanggeni Letkol Pasukan (Psk) Solihin mengatakan jika ada 10 prajurit yang tewas dalam kecelakaan pesawat Hercules c-130 itu. Beberapa nama prajurit yang jatuh dalam kecelakaan pesawat Hercules C-130 itu diantaranya :
1. Sertu Irianto Sili
2. Serda Sugianto
3. Koda Mujiman
4. Kopda Sarianto
5. Kopda Dani
6. Kopda Iriageng
7. Pratu Sepri Doni
8. Pratu Warsianto
9. Pratu Rudi Hariono
10. Pratu Hardianto Wibowo

Dalam kecelakaan pesawat itu , tak hanya para pasukan Khas 462/Pulanggeni yang menjadi korban tetapi para awak dan penumpang lainnya juga menjadi korban. Para korban yang masih bisa diselamatkan langsung dilarikan ke rumah sakit Sakit Umum Pusat Adam Malik untuk mendapatkan pertolongan. Dan kini para petugas sedang mengamankan pesawat untuk dievakuasi.

Berikut kronologi jatuhnya pesawat Hercules A1310 type C-130 seperti dikutip dari detik.com:

Pukul 11.48 WIB
– Pesawat take off dari runway 23 Suwondo.
– Kemudian saat akan ditransfer ke Medan APP, pilot request RTB

Pukul 11.50 WIB
– Pesawat berbelok ke kanan dan crashed di Pancur Batu sebelum kontak dengan medan APP

Pesawat ini diketahui sedang melakukan penerbangan militer. Pesawat ini hendak terbang ke Pangkal Pinang. Pesawat jatuh menimpa rumah, hotel, dan ruko.

berikut videonya

https://www.youtube.com/watch?v=scHkNlG_tgw

https://www.youtube.com/watch?v=KXA8piY1xS0

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Berita Menarik