6 Hal Yang Gak Kamu Ketahui dibalik Jatuhnya Pesawat Hercules di Medan


para-petugas-saat-melakukan-proses-pencarian-korban-hercules_20150701_111809

[ads1]Palingseru.com – Pesawat Hercules dengan nomor terbang C 130 yang jatuh di Jalan Djamin Ginting, Km 10, Medan Tuntungan pada Selasa (30/6) siang itu menewaskan sekitar 70 orang termasuk awak pesawat. Pesawat Hercules C-130 tersebut lepas landas pukul 11.48 WIB, namun dua menit kemudian pesawat mengalami masalah pada teknis mesin. Hingga kini pesawat masih dalam evakuasi pihak keamanan . Dengan jatuhnya pesawat Hercules C-130 tersebut  ternyata ada sejumlah hal yang gak kamu ketahui.

Dan seperti yang dilansir dari Tibunnews.com, inilah dia 6 hal yang gak kamu ketahui dibalik jatuhnya pesawat Hercules di Medan.

1. Pesawat Alami Kerusakan Mesin

Salah satu hal yang tidak kamu ketahui dibalik jatuhnya pesawat Hercules di Medan pada Selasa (30/6) akibat kerusakan teknis mesin . Pesawat Hercules C-130 itu jatuh menghantam 3 ruko warga dan meledak. Saat kejdian itu terjadi , Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Agus Supriatna  di dampingi dengan Kepala Staf Kodam I/BB Brigjen Cucu Soemantri beserta anggota TNI lainnya datang ke tempat kejadian untuk melihat kondisi pesawat . Dia menjelaskan jika belum bisa memberikan informasi lengkap terkait masalah kerusakan teknis mesin tersebut.

“Untuk kronologis secara lengkap kami belum bisa memberikan informasi. Namun, ada sesuatu yang rusak pada pesawat. Bisa trouble engine, atau trouble pada hidrolik dan lainnya,” ungkap Agus Supriatna .

2. Hanya 12 Anggota TNI dari 101 Penumpang

Jatuhnya pesawat Hercules C-130 yang dikabarkan membawa 101 penumpang itu diketahui hanya ada 12 anggota TNI yang ada di dalamnya yang terdiri atas tiga pilot, satu navigator, serta delapan teknisi. Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Agus Supriatna mengatakan jika 101 penumpang dan 12 awak pesawat yang menjadi korban itu langsung dilarikan ke rumah sakit . Dalam pengevakuasian pesawat tersebut , Agus mengatakan jika Bapak Gubernur (Sumut)membantu mangangkat bangkai pesawat itu

“Dari data yang kita terima, jumlah penumpang 101 orang. Alhamdulillah, Bapak Gubernur (Sumut) membantu kita mengangkat bangkai pesawat,” kata Agus.

3. Pilot Sempat Minta Kembali Ke Pangkalan

Kecelakaan pesawat Hercules C 130 itu memang akibat pesawat hendak putar balik ke pangkalan awal. Salah satu alasan kenapa pesawat itu melakukan trouble itu akibat pilot memang ingin putar balik kepangkalan karena ada suatu permintaan. Namun karena pesawat tidak bisa menghandle trouble tersebut membuat pesawat jatuh . Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Agus Supriatna juga menceritakan kronologis jatuhnya pesawat itu terkait kesalahan teknis mesin yang dialami pada saat itu.

“Bukti yang kita tahu, pilot sempat minta kembali ke pangkalan. Karena ada permintaan, tentu kan ada sesuatu yang trouble. Pada saat pilot meng-handle pesawat untuk kembali, di situlah terjadinya (kecelakaan),” ujar Agus.

Menanggapi soal masalah mesin pada pesawat, Agus mengayakan jika selama ini pesawat tidak mengalami banyak masalah dan untuk mengetahui secara pasti kejadian ini, semuanya akan kita investigasi.

4. Di Dalam Bangkai Pesawat ada Peluru dan Amunisi

Setelah pesawat Hercules C-130 itu berhasil di Evakuasi ternyata di dalam pesawat itu ditemukan adanya peluru dan amunisi. Kapolda Sumut Irjen Eko Hadi Sutedjo mengatakan peluru dan amunisi itulah yang menjadi alasan kuat kenapa pesawat bisa sampai jatuh terbakar. Eko juga mengatakan jika saat pengevakuasian korban itu mengalami sejumlah kesulitan akibat tertutup puing – puing pesawat tersebut. Namun sampai saat ini para korban sudah berhasil dikumpulkan di sebuah posko di  sekitar Adam Malik.

“Di Adam Malik, kita buat posko DVI-nya. Kalau kendala, mungkin karena ini tertutup puing-puing (bangunan). Apalagi pesawat panas terbakar, dan diduga di dalam pesawat ini kita khawatirkan ada peluru dan amunisi,” kata Kapolda.

Kepolda juga mengungkapkan sejumlah awak pesawat yang meninggal dunia yang diantaranya adalah Pilot Kapten Pnb Sandy Permana, Kopilot satu Lettu Pnb Pandu Setiawan, Kopilot dua Lettu Pnb Dian Sukma P, Navigator Kapten Nav Roni Setiawan, Juru Radio Udara Serma Bambang H, Juru Mesin Udara Peltu Ibnu Kohar, Juru Mesin Udara Peltu Andik S, Juru Mesin Udara Pelda Parijo, Instruktur Load Master Peltu Ngaserman, Load Master Peltu Yahya, dan Load Master Pelda Agus P.

5. Pesawat Nukik Lalu Hantam Panel Pemancar

Pesawat Hercules C 130 yang dikabarkan jatuh menghantam dua ruko warga ini dikabarkan pada saat itu pesawat terlihat menukik sejak melintas di atas perumahan Royal Sumatera. Pesawat yang menukik karena hendak putar balik ke pangkalan itu tiba-tiba saja badan pesawat menyenggol panel pemancar di atas gedung Sekolah Bethany. Akibat hantaman itu, tiang pemancar sekolah Bethany hancur.

“Setelah pesawat menabrak itu (tiang pemancar), terus menghantam ruko lah Pak,” kata Agus.

6. Ada Korban Warga Sipil

Jatuhnya pesawat Hercules di jalan Djamin Ginting, Km 10, Medan Tuntungan itu membuat jalanan di sekitar pemukiman macet karena rasa penasaran warga untuk menyaksikan kehancuran pesawat Hercules di tempat kejadian. Di lokasi kejadian, puing pesawat masih terlihat di atas ruko yang hancur. Ekor pesawat yang tersisa dipotong secara perlahan oleh petugas gabungan TNI AD, AU, AL, dan Brimob. Petugas dari TNI pada awalnya sudah meminta warga untuk tidak mendekat di lokasi kejadian bahkan peringatan pun sudah di buat tetapi masih saja ada warga yang mendekat tempat kejadian tersebut .

“Bagi yang tidak berkepentingan silahkan keluar. Jangan ada yang mendekat. Ini petugas lagi evakuasi. Mohon pengertiannya,” ungkap petugas TNI AU .

Petugas TNI juga memberikan kesempatan bagi warga yang terkait anggota korban untuk mengunjungi posko yang bediri di dekat lokasi kejadian jika ingin mendapatkan informasi lengkap terkait keluarganya yang menjadi korban.

Hingga kini beberapa petugas TNI yang berjaga terlihat sibuk merapikan puing reruntuhan bangunan dan tubuh pesawat hingga menjelang pukul 18.00 WIB, lokasi masih dipadati ratusan warga.

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Menarik