5 Hal yang Gak Kamu Ketahui Seputar Kembang Api


index

Palingseru.com – Kembang api merupakan salah satu benda yang tak akan terlupakan pada saat ada perayaan besar seperti penyambutan tahun baru, peringatan keagamaan, ataupun penutupan pesta olimpiade.

Dengan menghidupkan kembang api perayaan tersebut akan semakin terlihat mewah dan megah. Rasa  bahagia pun akan timbul saat orang-orang melihat indahnya kembang api yang menghiasi langit di malam hari.

Namun, lebih indah lagi jika kamu mengetahui beberapa hal seputar kembang api yang selama ini tidak diketahui oleh banyak orang.

Mau tau apa saja ? Mari kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Brilio.net.

1. Kembang api hanyalah hasil reaksi kimia

Kembang api dibuat dengan  beberapa bahan kimia yang dicampur dengan oxidizer. Oxidizer ini berfungsi untuk memecahkan ikatan kimia yang ada didalam bahan bakar sehingga ketika dibakar, bahan kimia tersebut akan mengeluarkan percikan api yang sangat indah.

2. Warna percikan kembang api dihasilkan dari bahan yang berbeda

Tahukah kamu bahwa warna percikan kembang api dihasilkan dari logam yang berbeda, masing-masing logam menghasilkan warna masing-masing, seperti strontium dan lithium menghasilkan warna merah tua. Sedangkan warna kuning dihasilkan oleh unsur natrium.

3. Kembang api merupakan racun 

Kembang api merupakan racun, sebab bahan penyusunnya berupa bahan yang beracun. Menyalakan kembang api bisa menghasilkan dioksin, logam berat, dan polusi udara. Selain itu, kembang api juga bisa menyebabkan  masalah paru-paru.

4. Kembang api bisa mengganggu gerak-gerik hewan 

Suara ledakan kembang api dan percikan kemabng api bisa mengganggu gerak gerik hewan. Seperti kucing yang akan bersembunyi ketika mendengar suara kembang api, mengagetkan burung sehingga burung kebingunan akan terbang ke mana.

5. Darimanakah sumber suara kembang api?

Tahukah kamu dari mana sumber suara kembang api ? Lapisan garam dan kombinasi oxidizer kalium perklorat membakar setiap lapisan kembang api. Setelah itu secara perlahan akan mengeluarkan gas dan menyebabkan suara letusan. Suara keras dari kembang api ini dihasilkan dari bubuk titanium.

Nah, itu dia ke lima hal seputar kembang api yang sangat menarik.

 


Like it? Share with your friends!