Home » Ikan Aneh Berkepala Buaya Bikin Heboh Warga Palembang

Ikan Aneh Berkepala Buaya Bikin Heboh Warga Palembang

Ikan Berkepala Buaya

Ikan Berkepala Buaya

Ikan Aneh Berkepala Buaya Bikin Heboh Warga Palembang – Warga Lrg Lebak Keranji RT 08 RW 03 Kelurahan Bukit Lama Kecamatan IB I, Palembang, Sumatera Selatan, heboh, lantaran ditemukannya ikan aneh.

Ikan itu dipancing warga di Kambang (kolam) Iwak Kecik (kecil) di Belakang Masjid Taqwa Palembang, Sabtu (3/12) pukul 17.00.

Ikan aneh tersebut kepalanya persis menyerupai kepala buaya dengan gigi tajam yang terdiri dua lapis.

Tubuh bagian atas dan bawah ikan, sisiknya persis seperti sisik ular. Sedangkan pada bagian ekor bentuknya seperti ikan toman yang berwarna bintik-bintik hitam.

Berat ikan mencapai 2,6 kg dengan panjang dari kepala hingga ekor 77 sentimeter.

Ilham (25), warga yang berhasil memancing ikan itu menceritakan ketika ikan aneh tersebut memakan umpan pancingnya, tarikan ikan kuat sekali. Kail pancing Ilham pun terpaksa ditarik secara perlahan-lahan sampai ke pinggiran kolam.

“Ketika ikan mau diangkat, saya langsung kaget melihat kepalanya. Jadi kepala ikan langsung saya pukul pakai kayu, karena saya takut dan dikira saya buaya dan takut digigit,” ujar Ilham yang mengakui dirinya memang sering memancing bersama teman-teman di lokasi tersebut.

Ikan aneh tersebut kemudian dibawa Ilham ke rumahnya. Kabar ditemukannya ikan aneh tersebut langsung menghebohkan warga sekitar.

Sontak rumah Ilda Akbar (46), paman Ilham, di ujung Lrg Lebak Keranji ramai warga yang secara berbondong-bondong datang untuk melihat ikan aneh temuan Ilham.

Ikan aneh pun dipajang di teras depan rumah. Secara bergantian warga melihat ikan sembari mengabadikan ikan aneh tersebut dengan kamera ponsel.

“Saya dan warga di sini yang sudah berpuluh-puluh tahun tinggal di daerah lebak (rawa), belum pernah melihat ikan seperti ini. Jadi ikan ini memang benar-benar aneh,” ujar Ilda.

Ditambahkan Ilda, kepala ikan memang kepala buaya, dikarenakan bentuk gigi dan lidahnya yang pendek persis buaya. Sisik tubuh ikan terutama bagian perut ikan, sisiknya seperti ular.

“Kalau ekornya memang seperti ikan toman, tapi ini bukan ikan toman. Kalu ikan toman siripnya di atas dan di bawah, tapi sirip ikan aneh ini ada dua bagian perut dan dua lagi di bawah kepala ikan,” ungkap Ilda kepada Sripoku.com.

Menurut Ilda, ikan aneh tersebut akan diawetkan dengan cara dikeraskan. Jika ada orang yang berminat dengan ikan aneh tersebut, diakui Ilda silakan datang langsung ke rumahnya.

“Warga yang datang ramai sekali. Polisi sempat datang dan menyarankan ikan dipajang saja di teras depan rumah,” ungkapnya.

Ikan yang menurut warga aneh ini sebenarnya lebih dikenal dengan nama populer crocodile fish. Nama latinnya Lepisus Peus. Habitat asli crocodile fish yakni di Sungai Amazon. Ikan ini masuk ke Indonesia, akhir tahun 1990-an sebagai ikan hias.

Sumber Ikan Aneh Berkepala Buaya Bikin Heboh Warga Palembang disini

Baca Juga

7 Ikan Paling Aneh di Dunia

Aneh Ikan Ini Berkaki Dan Bertanduk

Instal Aplikasi Launcher Palingseru.com di Sini
Baca Palingseru.com di ponsel kamu melalui http://m.palingseru.com
Follow Twitter Kami

Apa Komentar Kamu