Luar Biasa, 4 Penemuan Canggih Ini Ternyata Ditemukan Oleh Orang Indonesia


1

Palingseru.com – Ternyata tidak semua penemuan-penemuan canggih ditemukan oleh orang-orang luar negeri. Masyarakat Indonesia pun juga bisa menciptakan penemuan-penemuan canggih yang mungkin tak terpikirkan orang lain.

Namun sayangnya, dari sekian banyak penemuan canggih orang Indonesia ternyata tidak  dihargai oleh bangsanya sendiri. Hal ini membuat penemuan tersebut menjadi tidak berharga bahkan sampai tidak diketahui oleh banyak orang.

Nah, berikut ini ada 4 penemuan canggih yang ditemukan oleh orang Indonesia. Mau tau seperti apa ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Penemu Kontainer Nuklir

1

Seorang Peneliti dan Ketua Jurusan Teknik Nuklir, Fakultas Teknik, Universitas Gajah Mada, Yudi Utomo Imardjoko berhasil menemukan kontainer limbah nuklir.

Kontainer tersebut berbentuk silinder berbahan titanium. Diameternya 1,6 meter dengan panjang 4 meter. Sedangkan dindingnya setebal 24 sentimeter.

Yudi memiliki pemikiran dengan kemungkinan penaganan limbah radioaktif nuklir dari uraian uranium dan plutonium. Yudi memperkirakan jika ada tenaga pembangkit listrik nuklir di Indonesia, maka kontainer nuklir yang ia temukan tersebut dapat  menampung limbah nuklir tersebut. Bahkan Yudi menciptakan kontainer yang dapat menampung lmbah nuklir selama 10 tahun.

Namun, sayangnya penemuan Yudi ini tidak dihargai, sebab saat ini Indonesia belum memiliki pembangkit listrik tenaga nuklir.

2. Penemu kontruksi beton penyangga jalan layang

2

Tjokorda Raka Sukawati  berhasil menemukan teknik pembangunan jalan layang tanpa mengganggu arus lalu lintas. Penemuannya tersebut disebut dengan Sosrobahu (seribu bahu), dan dikatakan dapat memutar beton seberat 480 ton 90 derajat.

Namun, sayangnya enam tahun setelahnya Direktur Jenderal Hak Cipta Paten dan Merek Indonesia baru mengeluarkan hak paten. Padahal pada tahun 1992 Jepang, Malaysia, dan Filipina sudah terlebih dahulu menerbitkan hak paten.

3. BJ Habibie penemu pesawat terbang

3

Mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie menceritakan pengalamannya membuat sebuah pesawat saat ia kuliah di Jerman. Dia diwajibkan untuk membuat pesawat untuk mendapat gelar doktor.

“Waktu saya mau selesaikan S-3, saya merancang pesawat terbang yang terbangnya 20 kali kecepatan suara. Seperti apa pesawatnya saya tidak bisa membayangkan tapi harus dikembangkan, kalau tidak, ya tidak dapat S-3,” kata  habibie.

Setelah berhasil mengembangkan pesawat, Habibie pun disuruh pulang ke Tanah Air untuk mengembangkan industri strategis di dalam negeri.

Sesampai di Indonesia, Habibie mulai mengembangkan industri penerbangan nasional dengan membuat pesawat N 250 yang dikerjakan hanya 20 orang. Namun, sayangnya pengembanga itu terhenti saat Habibie diangkat menjadi Wakil Presiden.

4. Penemu jaringan 4G

4

Seluruh produsen smartphone di dunia kini telah menggunakan Teknolgi 4G LTE. Teknologi jaringan internet super cepat ini membuat proses transfer data lebih cepat dan lebih stabil dibandingkan teknologi 3G. Namun, tahukah kamu siapa penemu nya ??

Prof. Khoirul Anwar merupakan penemu sekaligus pemegang hak paten teknologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Ia merupakan orang Kediri yang merupakan alumni Teknik Elektro ITB dengan cumlaude di 2000.

Nah, itulah dia penemuan-penemuan canggih yang ditemukan oleh orang-orang Indonesia.

 

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Menarik