4 Negara Ini Bantu Indonesia Untuk Pertahankan Kemerdekaan


berkat-dukungan-4-negara-ini-indonesia-pertahankan-kemerdekaan-rev-1

Palingseru.com – Seminggu yang lalu rakyat Indonesia telah merayakan 70 tahun kemerdekaan bangsa Indonesia. Berbagai tradisi pun dilakukan sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Memang hari kemerdekaan ini menjadi hari bersejarah bagi rakyat Indonesia. Tapi, perjuangan rakyat Indonesia, tak hanya sampai di situ saja. Negara Belanda kembali ingin merebut negara Indonesia. Berbagai perperangan pun harus di hadapi oleh rakyat Indonesia, demi mempertahakan kemerdekaan negaranya.

Ternyata perjuangan rakyat Indonesia sampai berhasil mengalahkan para penjajah juga didukung oleh beberapa negara lain.

Nah, berikut ini ada empat negara yang membantu Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaannya. Seperti dilansir Merdeka.com, inilah ulasannya.

1. Mesir

Mesir secara de facto mengakui kemerdekaan Indonesia pada 22 Maret 1946. MesirĀ  ikut memberi dukungan dari Liga Arab agar menerima kedaulatan Indonesia di mata hukum internasional. Tak hanya itu, Mesir juga yang meyakinkan Suriah, Irak, Qatar, serta Kerajaan Arab Saudi untuk mendukung kemerdekaan Indonesia.

2. India

India merdeka 2 tahun setelah kemerdekaan Indonesia. Tapi, India menjadi salah satu negara yang sangat antusias mendukung mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Hal ini berkat persahabatan Hatta dengan Perdana Menteri Jawaharlal Nehru, pemimpin Partai Kongres Nasional India.

Saat India mengalami kelaparan karena dijajah oleh Inggris. Indonesia pun memberi bantuan berupa 500 ton padi yang dikirim pada 20 Agustus 1946. Kemudian setelah India merdeka pada tahun 1947, India pun aktif mendukung Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaannya.

Bahkan Jawaharlal Nehru menggelar konferensi Asia, yang berhasil mengumpulkan dukungan Pakistan, Sri Lanka, Nepal, Libanon, Suriah, serta Irak, untuk mendesak Belanda enyah dari wilayah RI.

3. Vatikan

Vatikan juga memegang peranan penting dalam kemerdekaan Indonesia. Vatikan menjadi entitas politik pertama di Eropa yang menerima kedaulatan bangsa Indonesia.

4. Australia

Meskipun saat ini Indonesia sering mengalami cekcok dengan negara tetangga Australia, tetap saja Australia menjadi salah satu negara yang berperan penting dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Hubungan bangsa Indonesia dan penduduk Australia terjalin lewat korespondensi serikat pekerja perkapalan.

Nah, itulah dia ke empat negara yang ikut mendukung mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

 


Like it? Share with your friends!