5 Kejadian Mengerikan di Arab Saudi Ini Bikin Jamaah Haji Banyak Yang Tewas


lima-insiden-sadis-yang-tewaskan-jamaah-haji-di-saudi

Palingseru.com – Beberapa hari yang lalu, di Arab Saudi telah mengalami musibah yang menewaskan seratus jamaah haji. Musibah tersebut adalah sebuah alat derek (crane) patah dan jatuh menimpa para jamaah haji yang hendak melaksanakan salat magrib di Masjidil Haram, Makkah.

Akibatnya ada sekitar seratus jamaat haji yang meninggal dunia dan 6 orang diantaranya adalah orang Indonesia. Kejadian tragis ini membuat banyak orang bersedih kehilangan anggota keluarganya yang hendak melakukan ibadah di sana.

Namun, ternyata kejadian pilu seperti ini tidak hanya baru sekali terjadi, puluhan tahun yang lalu ada beberapa kejadian tragis yang juga menewaskan ratusan bahkan ribuan jamaat haji di Arab Saudi.

Kita akan mengulasnya kembali hanya untuk mengingatkan tentang kejadian yang lalu, yang juga menjadi peristiwa bersejarah bagi seluruh umat muslim didunia.

Seperti dilansi Merdeka.com, berikut ulasannya.

1. Bentrok antara jamaah haji dan pasukan keamanan

Pada 31 Juli 1987, juga pernah terjadi kejadian tragis yang menewaskan sekitar 400 jamaat haji dan ribuan lainnya mengalami luka-luka. Kejadian ini terjadi karena adanya bentrokan antara pasukan keamanan Arab Saudi dengan jamaah haji asal Iran di Makkah.  Hingga saat ini pun jamaat haji dijaga dengan ketat agar tidak terjadi hal seperti itu lagi.

2. Jamaah haji terinjak-injak di terowongan Al Maaisim

Pada 2 Juli 1990, ribuan jamaat haji meninggal dunia akibat terinjak-injak  di terowogan Al Maaisim. Hal ini dikarenakan ribuan jamaat haji berdesak-desakan saat berad adi terowongan Al Maaisim hingga  banyak yang terinjak-injak hingga tewas.

Terdapat sebanyak 1.426 jamaah haji meninggal dunia yang sebagian besar berasal dari Indonesia, Malaysia, dan Pakistan.

3. Jamaah haji Indonesia tewas kelaparan di Padang Arafah

Tepat pada tahun 2006, banyak jamaat haji asal Indonesia yang mati kelaparan di Padang Arafah saat tengah melakukan  ibadah wukuf.  Hal ini terjadi karena adanya keterlambatan pengiriman makanan sehingga banyak jamaat yang mati kelaparan.

4. Lempar Jumarah memakan korban di Mina

Ibadah Jumrah Aqabah atau melempar jumrah ternyata juga dapat memakan korban jiwa. Pada tahun 1994, pernah terjadi jamaat haji yang meninggal akibat berbesak-desakaan saat melakukan Jumarah. Kejadian serupa pun terulang pada tahun 998, 2001, 2003, 2004, dan 2006, yang memakan ratusan korban jiwa.

5. Jatuhnya crane di Masjidil Haram

Kejadian yang baru saja terjadi memakan korban sekitar 100 lebih jamaat haji. Jamaat haji tewas saat melakukan sholat magrib di Masjidil Haram karena tertimpa crane yang digunakan untuk perluasan Masjidil Haram.

Nah, itulah dia ke lima kejadian tragis yang memakan banyak korban jiwa.

 

 

 

Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Menarik