5 Barang ini Tidak Boleh Kamu Buang ditempat Sampah Berbahaya


 

20151009133235-2-ilustrasi-sampah-berat-002-siti-rutmawati

[ads1]Palingseru.com – Membuang sampah pada tempatnya merupakan salah satu cara hidup sehat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Akan tetapi , ketika kamu membuang sampah juga perlu memperhatikan jenis – jenis sampah yang akan kamu buang di tempat sampah itu. Sebab, ada sejumlah barang yang tidak boleh dibuang di tempat sampah karena bisa membahayakan lingkungan sekitar.

Mungkin selama ini orang beranggapan yang namanya sampah itu baiknya di buang tempat sampah dari pada berserakan di dalam rumah. Namun jangan pernah disepelekan , walaupun terlihat seperti rongsokan , tetapi ada beberapa jenis sampah yang tidak boleh di buang tempah sampah.

Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 barang yang tidak boleh kamu buang ditempat sampah dan bia berbahaya. Yuk, simak langsung ulasannya berikut ini :

1. Baterai

Baterai merupakan salah satu jenis sampah yang tidak boleh dibuang ditempat sampah karena di dalam baterai ini memiliki sumber energi mengandung alkali, seng, nikel, dan kadminium yang membuat dirinya tidak boleh mengendap terlalu lama dalam tempat sampah karena bisa merusak lingkungan. Lebih baik kamu bawa sampah – sampah baterai ke tempat pendaur ulang agar lebih memiliki manfaat yang lebih baik.

2. Elektronik

Elektronik yang sudah tidak dipakai atau rongsokan ini juga sebenarnya tidak boleh dibuang di tempat sampah. Alat elektronik seperti televisi, telepon, pemutar DVD, laptop dan printer ini jenis barang yang bisa merusak lingkungan. Sebaiknya rongsokan seperti barang elektronik ini ditumpuk menjadi satu dan dibawa ke tempat penampung rongsokan sehingga bisa di daur ulang lebih baik.

3. Bola lampu

Sumber penerangan bola lampu ini juga merupakan salah satu jenis barang yang juga tidak boleh dibuang sembarang di tempat sampah. Sebab , barang yang terbuat dari kaca ini bisa membahayakan seseorang . Apabila pecahan kaca itu terinjak kan bisa membuat celaka seseorang. Selain itu, bola lampu yang sudah tidak menyala juga bisa mengandung mercury yang bisa menyebabkan pencemaran lingkungan.

4. Detektor asap

Sampah bekas seperti detektor asap ini juga jenis barang yang tidak boleh dibuang di tempat sampah. Hal ini dikarenakan detektor asap bisa memancarkan sejumlah kecil radiasi yang bisa berpengaruh buruk terhadap lingkungan.

5. Cat

Kaleng cat juga sebenarnya jenis sampah yang tidak boleh dibuang di tempat sampah karena bisa mengakibatkan pencemaran. Sebaiknya ketika kamu usai melakukan pengecatan rumah , lebih baik kumpulkan kaleng cat dan disetorkan pada pengepul sampah sehingga lebih bisa di daur ulang.

Nah, itulah dia kelima jenis barang yang tidak boleh dibuang di tempat sampah.


Like it? Share with your friends!