Mengapa Upil Ada Di Hidung Kamu? Ternyata Begini Proses Terbentuknya


Nose-picking-431x300

[ads1]Palingseru.com – Pernahakah kamu bertanya – tanya kenapa upil selalu ada dihidung walaupun sudah seringkali di bersihkan ?

Upil adalah sebutan kotoran dalam hidung yang terkadang membuat orang melakukan kebiasaan jorok dengan cara mengumpil. Banyak orang bilang ngupil itu asik, bahkan saat makan pun tanpa sadar tangan kita biasa membersihkan kotoran di hidung yang kering itu.

Namun tahukah kamu bagaimana bisa terbentuknya upil ?

Menurut sejumlah studi melaporkan jika upil terbentuk dari membran mucus atau membran lendir yang berada di hidung atau biasa disebut dengan ingus. Ingus ini bukan suatu hal yang menjijikan lho, pada dasarnya ingus yang ada di dalam hidung seseorang ini memiliki fungsi sebagai sistem perlindungan tubuh terhadap infeksi.

Walaupun biasanya ingus ini mengganggu , namun kamu perlu tahu jika ingus bertujuan untuk mencegah masuknya partikel-partikel berbahaya ke dalam paru-paru berupa debu, bakteri, virus, dan serbuk.

Bagaimana caranya ingus bisa berubah bentuk menjadi upil ? ingus tersebut nantinya menyaring partikel-partikel yang akan mengering maka terbentuklah menjadi upil.

Selain itu, proses pengeringan dan perubahan dari ingus menjadi upil ini terjadi di bagian hidung yang lebih dalam edan hanya ada sedikit ruangan untuk mekanisme hidung membuat upil menjadi berada pada posisi hidung luar dan dapat dapat dicapai dengan tangan.

Saat ingus sudah menjadi upil, ini sudah menjadi kotoran yang sangat perlu dibersihkan karena upil mengandung banyak partikel dan bakteri .

Maka dari itu , kita harus rajin – rajin menjaga kebersihan hidung dengan membersihkan upil agar upil tidak bertambah banyak dan tidak menjadi sarang bakteri yang ada di dalam upil tersebut.

Semoga bermanfaat !

More From: Taukah Kamu