7 Cara Lidah Mendetekesi Jika Kamu Lagi Mengalami Ganguan Kesehatan


   

ini-dia-7-cara-lidah-deteksi-penyakit-sejak-dini

Palingseru.com – Lidah merupakan indera perasa yang berfungsi untuk merasakan berbagai macam rasa seperti rasa asin, manis, asam, pedas, pahit, dan asem.

Selain sebagai indera perasa ternyata lidah juga bisa mendeteksi penyakit loh. Lidah memiliki kelebihan yaitu bisa mendeteksi jika kamu lagi mengalami gangguan kesehatan.

Tampilan lidah dan warna lidah bisa menunjukan suatu penyakit di tubuh kamu. Mau tau seperti apa ? Mari kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Lidah merah terang

Lidah pada umumnya memang berwarna merah, tapi tidak terang. Jika lidah berwarna merah terang itu menandakan jika tubuh kamu kekurangan zat besi atau vitamin B12. Selain itu lidah merah terang juga menandakan tubuh kekurangan vitamin lainnya. Jadi, untuk mengantisipasi sebaiknya kamu mengonsumsi banyak sayuran dan juga buah-buahan.

2. Lidah berwarna cokelat

Lidah berwarna cokelat menandakan jika kamu adalah seorang perokok aktif dan juga suka minum-minuman alkohol. Biasanya jika sudah berwarna cokelat, maka lidah akan sulit untuk merasakan rasa suatu makanan . Kalau sudah begini kamu perlu membersihkan lidah dengan alat khusus.

3. Lidah seperti keju

Lidah seperti keju maksudnya adalah lidah kamu  berwarna putih dan juga bersisik. Kondisi lidah seperti ini menandakan ada infeksi jamur di tubuh kamu.

4. Lidah keriput

Hati-hati saat mendapati lidah kamu mengalami keriput, itu tandanya  jika tubuh kamu mengalami penuaan dini. Lidah akan mengalami keretakan seiring dengan bertambahnya usia dan terjadinya penuaan dini ditubuh kamu.

5. Bercak di lidah

Bercak di lidah biasanya disebut dengan leukoplakia yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel berlebih. Biasanya perokok aktif yang akan mengalami bercak di lidah ini. Tapi, gesekan antara gigi dan lidah juga bisa menjadi penyebab dari bercak di lidah.

6. Luka di lidah

Jangan sekali-sekali kamu menganggap remeh luka yang ada di lidah kamu. Sebab, luka itu bisa  menjadi tanda kanker lidah. Kanker lidah sangat cepat berkembang sehingga  sulit  untuk disembuhkan.

7. Lidah terasa seperti terbakar

Lidah terasa seperti terbakar bisa menandakan jika kamu sedang alergi pada produk pasta gigi. Tapi, pada wanita yang sudah masuk usia tua, maka lidah seperti terbakar ini akan dirasakan pada saat tubuh akan mengalami menopause.

Nah, itulah dia ke tujuh cara mendeteksi penyakit dari tampilan dan warna lidah.

 

More From: Sehat