5 Pasukan Elit TNI Yang Tidak Dikenal Tapi Mematikan dan Sangat Ditakuti Dunia


5-pasukan-elite-indonesia-tak-dikenal-dunia-tapi-sangat-mematikan

Palingseru.com – Kopassus atau Komando Pasukan Khusus memang sudak dikenal memiliki kehebatan dan kemampuan yang luar biasa.  Kopassus ini diketahui memiliki pengalaman tempur dengan pasukan elit Inggris.

Tak hanya Kopassus  dunia juga mengenal Komando Pasukan Katak (Kopaska) yang telah berhasil dalam evakuasi bangkai pesawat maupun korban AirAsia di Laut Jawa, beberapa waktu lalu tanpa menggunakan  alat keselamatan. Aksinya ini cukup membuat banyak orang   memberikan pujian.

Namun, ternyata masih ada pasukan elit TNI yang tidak dikenal tapi  mematikan dan sangat ditakuti oleh dunia. Mau tau pasukan elit apa saja ? Yuk, langsung saja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Peleton Intai Tempur (Tontainpur)

Tontainpur merupakan pasukan  elite  yang dibentuk dengan mengambil  anggota dari kesatuan di bawah Kostrad. Tidak semua anggota Kostrad bisa masuk dalam pasukan elit ini. Karena semua yang ingin masuk harus lulus ujian berat selama 7 bulan. Sehingga tak hera jika hanya ada 700 pasukan yang berhasil masuk.

Para prajurit tak hanya dilatih  untuk menguasai kemampuan darat saja tetapi juga laut dan udara. Latihan ini dilakukan dalam waktu yang cukup lama.

2. Detasemen Jala Mangkara (Denjaka)

Detasemen Jala Mangkara atau Denjaka adalah pasukan elit di bawah garis komando Marinir TNI AL.  Setiap tahunnya hanya ada 50 orang yang berhasul lulus untuk masuk ke Denjaka setelah melewati latihan keras selama satu tahun.

Calon prajurit tak hanya dituntut untuk memiliki tubuh yang tegap dan kuat tetapi juga harus memiliki kecerdasan dan kepandaian. Karena pasukan elit ini akan sering di kirim untuk melakukan penyusupan di daerah operasi secara individu maupun kelompok.

3. Satuan Bravo 90 (Sat Bravo-90)

Den Bravo 90 dibentuk tahun 1990 di Markas Korps Pasukan Khas TNI AU, Margahayu Bandung. Bravo-90 ini dilengkapi dengan pasukan ini memiliki spesialisasi antiteror udara. Tak hanya itu, pasukan elit ini juga  dilengkapi dengan beragam kualifikasi khusus tempur lanjut, seperti combat free fall, scuba diving, pendaki serbu, teknik terjun HALO (High Altitude Low Opening) atau HAHO (High Altitude High Opening), para lanjut tempur, pertempuran jarak dekat dan antiteror.

4. Batalyon Intai Amfibi (YonTaifib)

Yontgaifib merupakan satuan elite Korps Marinir. Para calon yang akan masuk ke pasukan elit ini harus memenuhi syarat mental, fisik, kesehatan, dan telah berdinas aktif minimal dua tahun. Setelah masuk mereka akan dilatih secara keras, salah satu latihan permulaan yaitu berenang sejauh 3 km dengan kaki dan tangan terikat.

Prajurit pasukan ini juga dilatih dalam beberapa tahap yaitu darat, laut, udara dan bawah air. Semua tahap tersebut dijalani selama 9 bulan lamanya.

5. Batalyon Raiders TNI AD

Batalyon Raiders TNI AD  merupakan pasukan elit  yang dilatih kemampuan antiteror di Pusdik Passus milik Kopassus. Pasukan elit ini memiliki kemampuan sebagai pasukan anti-teroris untuk pertempuran jarak dekat, dan kemampuannya  tiga kali lebih besar dari pasukan  infanteri biasa. Mereka dilatih untuk melakukan penyergapan dan mobil udara, seperti terjun dari helikopter.
Itulah dia ke lima pasukan elit yang tak dikenal namun mematikan dan sangat ditakuti di dunia.
Baca Juga : Jika Di Dekati Kucing Berarti ada 3 Pertanda dari Allah. Kamu Mau Tahu?

More From: Menarik