Ilmuan Katakan Tidak Lama Lagi 90 Persen Kehidupan di Bumi Akan Lenyap

kiamat-kepunahan-massal_20150413_150050

[ads1]Palingseru.com – Rumor mengenai kiamat yang sudah dekat memang seringkali muncul. Bahkan pada tahun 2012 yang katanya bumi akan hancur pun ternyata tidak tepat. Memang banyak sekali rumor – rumor kiamat yang meleset, namun kini ada sejumlah ilmuan yang mengungkapkan jika bumi ini memang sudah tua bahkan tidak lama lagi kehidupan di bumi akan lenyap yang kini sudah mencapai angka 90%.

“The Great Dying”  ini salah satu ulangan dari kejadian serupa pada periode “Permian” 299 juta tahun silam.

Perkiraan yang mengatakan jika bumi ini lenyap dilakukan oleh penelitian University of Edinburgh Skotlandia, yang menyatakan bahwa keasaman laut meningkat dengan sangat cepat. Dr Matthew Clarkson, peneliti University of Edinburgh, mengatakan peningkatan keasaman laut itu hasil dari emisi karbon aktivitas manusia.

“Para ilmuwan sudah mencurigai akan adanya keasaman laut pada saat kepunahan masal nanti, namun belum ada bukti yang kuat mengenai itu,” kata Clarkson, seperti yang dilansir dari Tribunnews.com (8/12).

Selain itu, kenaikan asam ini juga akibat tingkat pH meningkat semakin cepat padahal sebelumnya asam laut menurun hingga 0,7 dalam 10.000 tahun. Namun kini pH hanya berkurang hingga 0,1 yang membuat kehidupan laut semakin tertekan.

Clarkson juga mengatakan jika pemicu dari meningkatnya asam laut adalah aktivitas manusia yang menghasilkan CO2 (karondioksida) dalam jumlah besar.

“Jika kadar emisi CO2 terus meningkat, bisa jadi “The Great Dying” (kepunahan masal) akan menjadi akibatnya,” kata Clarkson.

Selain itu , para peneliti juga memprediksikan jika kepunahan masal itu juga akan terjadi akibat kurangnya oksigen di laut hingga metana dari mikroba.

“Kalau secara geokimia, peristiwa kepunahan Permian ini sangat kompleks, sehingga untuk mengetahui faktornya masih butuh waktu,” jelas Ridgwell, seperti yang dilansir dari Tribunnews.com (8/12).

Namun kepunahan masal ini bukan hasil final, para peneliti juga masih saling bersilang pendapat apakah memang kepunahan tersebut benar – benar terjadi nantinya.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Hantu, Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Apa Komentar Kamu