4 Kondisi Aneh Lidah Kamu dan Artinya, Kamu Wajib Tahu Nih


   

kondisi_aneh_lidah_peta_dan_berbulu_hitam_20160103_134659

palingseru.com – Lidah merupakan organ yang dapat mencerna makanan dengan baik. Jika kita tidak memiliki organ ini, kita tidak akan bisa berbicara. Maka dari itu, kita diharuskan merawat lidah dan membersihkannya dengan benar karena lidah memiliki fungsi yang sangat penting.

Seperti dilansir Medical Daily, berikut ini adalah empat kondisi aneh yang akan terjadi pada lidah.

1.Geographic Tounge (Lidah berbentuk gambar peta)

1

Lidah geografis sebenarnya tidak berbahaya dan tidak dikaitkan dengan jenis infeksi atau kanker. Namun kondisi ini membuat lidah kamu tampak seperti peta. Sementara lidah yang sehat akan ditutupi miniscule, benjolan merah muda-putih yang disebut papilla.

Namun bagi mereka yang memiliki lidah geografis ini tidak memiliki papilla karena tertutup. Meski terlihat ‘menyeramkan’ kondisi ini tak begitu berbahaya. Dan kondisi ini bisa saja terjadi pada siapapun tanpa memandang usia. Tidak ada alasan pasti mengenai penyebab lidah geografis ini, tapi sebagian besar akan hilang sendiri.

2.Black Hairy Tounge

2

Black Hairy Tounge atau lidah berbulu hitam ini memang terlihat menyeramkan. Tapi kondisi ini tidak berbahaya, dan hanya bersifat sementara. Kondisi ini terjadi karena banyaknya bakteri atau pertumbuhan jamur di mulut serta menyebabkan penumpukan pada papilla.

Lidah hitam berbulu dipicu oleh beberapa faktor risiko, yaitu kebersihan mulut yang buruk, merokok, minum banyak kopi, dehidrasi dan penggunakan antibiotik.

Untuk mengatasinya, hanya perlu menjaga kebersihan mulut serta menyikat gigi dan membersihkan lidah. Apalagi jika kamu berhenti merokok, maka kondisi ini akan segera hilang.

3.Fissured Tounge (Lidah pecah-pecah)

3

Kondisi aneh ini terlihat seperti lidah yang memiliki jalur atau retak. Kedalaman celah ini bervariasi, meskipun sering ada celah yang menonjol di tengah lidah. Meski begitu, kamu tak perlu khawatir karena kondisi ini hanya akan terjadi sekitar 5 persen populasi masyarakat dunia saja.

Penyebab dari lidah pecah-pecah ini tidak diketahui pasti, namun yang jelas kondisi ini tidak membahayakan penderitanya.

4.Leukoplakia

 

 

leukoplakia

Leukoplakia adalah bercak putih tebal yang terbentuk pada bagian dalam pipi, gusi, dan lidah. Seperti kebanyakan kondisi lidah lain, dokter tidak tahu apa yang menyebabkan leukoplakia secara langsung. Tapi mereka telah menunjuk tembakau sebagai penyebab utama dalam pengembangan kondisi ini.

Leukoplakia biasanya tidak berbahaya, tetapi kondisi ini dikaitkan sebagai tanda awal kanker. Jika kamu mengalami kondisi ini sebaiknya segera memeriksakan ke dokter gigi agar hal yang tak diinginkan tidak terjadi.

More From: Sehat