9 Bahan Makanan Ini Ternyata Lebih Menyehatkan Jika Dimakan Dalam Keadaan Mentah


657xauto-9-bahan-ini-lebih-sehat-dikonsumsi-saat-mentah-160104e

palingseru.com – Mengonsumsi sayur sangat dianjurkan karena sayuran berfungsi untuk pemenuhan gizi tubuh. Di sisi lain, sayuran juga memiliki sugudang manfaat untuk tubuh kita. Nah, saat mengonsumsi sayuran apakah kamu masak atau kamu rebus atau bahkan kamu makan mentah?

Perlu kamu tahu, ada sayuran justru kandungan nutrisinya akan hilang ketika dimasak. Jadi, mulai sekarang cobalah makan sayur dalam keadaan mentah. Cara ini ternyata lebih sehat lho.

Seperti yang dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (3/1), berikut ini adalah 9 bahan makanan yang sangat baik kamu konsumsi dalam keadaan mentah.

1.Bawang putih

Bawang putih kaya akan kandungan Zat allicin yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari risiko penyakit jantung. Jika bawang putih dimasak, maka enzim yang dibutuhkan untuk mengeluarkan allicin tidak aktif. Jadi, jika ingin lebih sehat sebaiknya mengonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah.

2.Bawang merah

Bawang merah banyak mengandung sulfur dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Kedua kandungan tersebut tidak akan berfungsi sesuai fungsinya dengan maksimal jika dikonsumsi dalam keadaan matang.

3.Cabai

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam cabai akan rusak ketika kamu mengolahnya dengan suhu di atas 150 derajat celcius. Maka lebih nikmat jika cabai ini kamu konsumsi dalam kondisi mentah.

4.Brokoli

Merebus brokoli bisa menghilangkan zat sulforaphane yang berfungsi untuk menangkal kanker. Jadi nggak ada salahnya kan kamu menjadikan brokoli sebagai camilan sehat.

5.Buah pit

Bit sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi mentah, sebab proses memasak dapat merusak kandungan gizinya.

6.Kelapa

Memasak kelapa akan menurunkan kandungan sodium, potassium, dan magnesium dalam kelapa.

7.Paprika merah

Memasak parika dalam suhu yang tinggi akan merusak nutrisi di dalamnya. Paprika mengandung banyak vitamin C yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Agar vitamin C ini tidak rusak, maka konsumsilah paprika tanpa dimasak. Dan ada baiknya lagi kamu mengkonsumsi paprika dalam campuran salad.

8.Kubis

Kubis atau kol segar mengandung vitamin C yang tinggi. Kubis juga kaya akan serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan jika dikonsumsi dalam kondisi masih mentah. Memasak kubis dengan suhu yang terlalu tinggi, justru akan merusak kandungan vitamin C didalamnya.

9.Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang panjang, almond, dan pecan banyak mengandung zat besi, magnesium, dan nutrisi lainnya. Sehingga lebih baik jika dikonsumsi secara mentah, agar bisa mendapatkan nilai gizi secara maksimal.

More From: Sehat