Katanya Cewek yang Lagi Haid Gak Boleh Keramas, Berikut Penjelasannya Secara Medis


   

Mitos Wanita Tidak Boleh Keramas Saat Haid

[ads1]Palingseru.com – Banyak sekali beredar mitos – mitos seputar menstruasi yang salah satunya jika wanita sedang haid tidak diperbolehkan untuk keramas karena bisa menyebabkan masalah pada fase menstruasinya. Mitos seperti ini pun telah dipercaya banyak orang hingga seringkali wanita yang sedang menstruasi menahan diri untuk tidak mencuci rambut.

Namun menurut penjelasan medis jika keramas tidak mempengaruhi fase menstruasi pada wanita. Bahkan wanita yang sedang menstruasi ini diwajibkan untuk harus menjaga kebersihan tubuh dengan optimal, mulai dari kebersihan tubuh dan rambut. Mencuci rambut saat menstruasi tidak akan mengakibatkan gangguan menstruasi apapun malah dapat membuat rasa nyaman dan santai karena bersih dan wangi.

Bahkan dengan pola hidup yang sehat dan seimbang iini bisa menjadikan keseimbangan hormon lebih baik dan menjaga kesehatan siklus menstruasi menjadi lebih baik pula. Itulah kenapa jika setiap orang jangan percaya dengan sebuah mitos yang ternyata belum tentu benar.

Tak hanya mitos tentang cewek dilarang keramas saat menstruasi saja, masih ada banyak lagi mitos menstruasi yang dipercaya oleh banyak wanita dan ternyata itu sebuah mitos yang belum dianggap benar.

Dan seperti yang dilansir dari Tribunnews.com, inilah dia diantaranya :

1. Menstruasi tak boleh minum es

Salah satu mitos terkait menstruasi yang sering dianggap benar yakni wanita yang sedang haid tidak diperbolehkan untuk minum air es. Hal ini tidak benar. Siklus menstruasi wanita diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron bukan dari minum air es. Dan keseimbangan hormon pada dasarnya dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis sehingga minuman dingin tidak mempengaruhi keseimbangan hormon pada wanita dan tidak mempengaruhi siklus menstruasi.

2. Menstruasi dapat dipengaruhi dengan minuman bersoda

Banyak wanita yang sedang menstruasi menahan ras auntuk tidak minum minuman bersoda yang katanya bisa mengakibatkan masalah pada rahim . Hal ini tidak benar.  Menurut sejumlah penelitian jika minuman bersoda memang memiliki nilai nutrisi yang rendah yang tidak ada kaitannya dengan fase menstruasi. Hanya saja ketika kamu konsumsi minuman bersoda yang rutin dalam jangka panjang ini dapat mempengaruhi keseimbangan nutrisi yang juga bisa mempengaruhi keseimbangan hormon dan dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

3. Minum obat saat menstruasi akan menghentikan menstruasi

Ada sebuah mitos jika wanita yang sedang menstruasi tidak dianjurkan untuk minum obat karena bisa menghentikan menstruasi . Hal ini tidak benar. Minum obat anti nyeri untuk mengatasi keluhan-keluhan saat menstruasi seperti sakit kepala, sakit pinggang dan sakit perut tidak akan menghentikan menstruasi.

4. Melakukan hubungan intim saat menstruasi tidak akan menyebabkan kehamilan

Ada juga sebuah mitos yang mengatakan jika seseorang ingin berhubungan intim namun tidak menyebabkan kehamilan yakni dilakukan saat wanita sedang menstruasi. Hal ini tidak benar. Sebab pada dasarnya wanita memiliki siklus menstruasi normal yang sangat pendek atau sangat panjang maka ovulasi (pengeluaran sel telur) dapat terjadi berdekatan dengan masa menstruasi. Dan sel telur dan sel sperma itu masih memiliki kemungkinan untuk bertemu karena sel telur dapat bertahan hidup 24-48 jam, sedangkan sel sperma dapat bertahan hingga 72 jam dalam rahim wanita sehingga proses kehamilan pun akan bisa terjadi.

5. Saat menstruasi tidak boleh berolahraga

Ada sebuah mitos mengatakan jika wanita yang sedang menstruasi tidak boleh berolahraga. Hal ini tidak benar. Saat menstruasi, olahraga ringan malah dapat membantu peredaran darah di sekitar otot rahim dan mengurangi nyeri karena menstruasi. Bahkan dengan melakukan olahraga ringan secara teratur pun malah dapat melancarkan menstruasi dan dianjurkan oleh The American College of Obstetricians and Gynecologists.

Nah, untuk itu lakukanlah aktivitas yang menurut kamu sehat dan jangan pernah pikirkan tentang mitos – mitos yang tidak benar kecuali kamu melakukannya sesuai aturan dan tidak berlebihan.

More From: Sehat