Ini Penyebab Kenapa Banyak Anak Muda Sekarang Sudah Pada Tumbuh Uban


0144361rambut-uban780x390

palingseru.com – Mungkin anak muda banyak bertanya-tanya kenapa rambutnya bisa tumbuh uban padahal umurnya masih muda. Seharusnya yang mengalami rambut beruban itu hanya bisa terjadi pada orang tua saja.

Ini Penyebabnya

Associate Professor dari NYU School of Medicine, Roshini Rajapaksa menjelaskan, bahwa rambut beruban berhubungan dengan etnis seseorang. Pasalnya, etnis Kaukasian cenderung akan mengalami rambut beruban lebih cepat disbanding orang Asia dan Afrika-Amerika.

Riwayat keluarga juga bisa menjadi alasan mengapa anak muda tumbuh uban lebih awal.

“Kamu bisa bertanya pada orangtua, kakek-nenek, kapan pertama kali rambut mereka mulai terlihat abu-abu,” tulis Roshini.

Selain itu, faktor gaya hidup dan lingkungan juga menjadi penyebab rambut mulai banyak tumbuh uban lebih awal, seperti merokok, sering terkenan sinar ultraviolet, dan polusi udara.

Namun, ada juga orang-orang beranggapan bahwa tumbuhnya uban lebih awal karena banyak pikiran atau stres.

Padahal, rambut yang berubah menjadi putih ini terjadi ketika folikel rambut memproduksi melanin lebih sedikit. Sementara melanin sendiri adalah pigmen yang memberikan warna pada rambut.

Nah, itulah penjelasan mengenai uban yang kerap menimpa anak muda saat ini. Jadi, sebaiknya hindarilah kebiasaan buruk seperti di atas tadi dan mulailah membuat gaya hidup yang sehat agar rambut kamu tidak berubah menjadi putih.

More From: Sehat