7 Karya Seni ini Dibuat Menggunakan Tubuh Manusia


22

[ads1]Palingseru.com – Sebuah karya seni akan terlihat lebih menarik jika punya ukiran yang begitu unik dan kreatif dengan menggunakan bahan dasar yang paling berbeda. Kekreatifan dalam membuat karya seni sangat diperhatikan untuk bisa menarik perhatian pencinta seni. Jika selama ini sebuah karya seni terbuat dari bahan dasar alam seperti kayu, tembaga , plastik dan lain sebagainya. Kali ini ada beberapa karya seni yang terbilang cukup unik dan ekstrem yakni terbuat menggunakan anggota tubuh manusia.

Seperti yang dilansir dari Blogspot.co.id, inilah dia 7 karya seni yang dibuat dengan menggunakan tubuh manusia.

1. Lukisan Air Seni Iron Man

11

Salah satu lukisan yang terbuat dari tubuh manusia yakni lukisan air seni Iron Man. Lukisan air seni Iron Man ini adalah perpaduan air seni dengan darah yang dibuat oleh seorang mahasiswa seni Taiwan, Wong Tin Cheung . Awal mula lukisan ini bisa terbuat ketika dirinya kaget saat dirinya buang air kecil dan menyadari ada darah dalam air seninya.

2. Bagian Tubuh Asli Untuk Patung

22

Salah satu lukisan yang terbuat dari tubuh manusia yakni lukisan patung yang terbuat dari tubuh manusia asli. Lukisan patung dari tubuh manusia ini diciptakan oleh seorang seniman Jepang Hananuma Masakichi yang pada saat itu dia sengaja membuat patung replikasi mirip dirinya untuk diberikan oleh sang istri.

Ide gila ini dilakukan oleh Hananuma ketika mendapati bahwa dia akan meninggal karena penyakit TBC. Karena tak ingin istrinya selalu bersedih kehilangannya sehingga dia rela membuatkan replika patung mirip dirinya. Masakichi bekerja di sebuah ruangan penuh cermin untuk membuat setiap inci dari tubuhnya. Agar replikasi patung itu bisa sama persis dengan dirinya , dia pun rela mengambil beberapa bagian tubuhnya seperti gigi, dan kuku untuk patung replikanya. Masakichi meninggal 10 tahun kemudian pasca menyelesaikan patung hidupnya.

3. Meminum Cat Lukis Kanvas

33

Seorang seniman Millie Brown ini bisa dikatakan sebagai seniman paling gila dan ekstrem. Sebab , Millie memilih untuk tidak makan makanan apapun selain meminum cat lukisnya . Setelah meminum cat lukisannya ini barulah dia memulai melukis di kanvas dengan cara memuntahkan satu persatu goresannya. Alhasil lukisannya terlihat abstrak dengan nilai seni tinggi terbentuk.

4. Darah Beku Untuk Patung

44

Seorang seniman Inggris bernama Marc Quinn ini juga salah satu seniman yang membuat lukisan dengan organ tubuh manusia berupa darah manusia. Saat ingin memulai proyek lukisannya, Quinn mengumpulkan darah dengan mengunjungi praktek dokter setiap enam minggu selama sepanjang tahun. Darah-darah tak terpakai itu berhasil dibuat Quinn sebagai pelapis beberapa patung berbentuk kepala manusia karyanya.

5. Patung Dari Mayat Hidup

55

Salah satu lukisan yang terbuat dari organ tubuh manusia yakni patung dari mayat hidup. Pelukis bernama Honore Fragonard yang juga merupakan ahli anatomi Prancis di abad ke-18 dan sepupu dari seniman terkenal Jean-Honore Fragonard ini selalu memperoleh mayat-mayat tak bernama ini dari hukuman mati yang kemudian dia balsem dengan ilmu rahasia. Mayat – mayat yang dikumpulkan ini nantinya akan dijadikan mayat hidup.

6. ‘Tumbal’ Penonton

66

Seorang seniman asal Serbia, Marina Abramovic ini juga merupakan seniman yang paling gila karena dirinya lebih memilih untuk merelakan tubuhnya menjadi ‘tumbal’ para penonton. Mulai dari ditikam, menyayat bagian tubuhnya hanya demi bisa membuat penonton terhibur.

7. Objek Pesakitan

77

Karya seniyang menggunakan tubuh manusia juga terdapat pada objek pesakitan. Karya seni ini didapat dengan mendapatkan luka tembak di lengan yang diciptakan langsung oleh pelukis Chris Burden.

Nah, itulah dia ketujuh karya seni yang dibuat menggunakan tubuh manusia.


Like it? Share with your friends!