Hati-Hati 5 Kebiasaan ini Bisa Bikin Mobil Kamu Cepat Rusak


awas-5-kebiasaan-buruk-ini-bisa-merusak-mobil-kesayangan

Palingseru.com – Layaknya tubuh kamu, kendaraan juga memerlukan perawatan untuk  membuatnya agar tetap awet muda. Perawatan khusus seperti kita merawat diri memang bisa membuat sebuah kendaraan tercinta milik kamu menjadi tetap mulus dan awet.

Namun, kurangnya pengetahuan seseorang membuat banyak pemilik mobil melakukan kesalahan dalam memperlakukan mobilnya sehingga bikin mobil mereka cepat rusak.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mengetahui hal-hal buruk yang dapat merusak kendaraan yang telah dibagikan melalui website resmi Toyota Astra.

Apa saja kesalahan yang bisa merusak mobil ? Yuk, langsung aja kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Jarang melakukan servis

Jarang melakukan servis adalah kebiasaan yang bisa merusak mobil dengan cepat. Menunda waktu servis bisa membuat kendaraan berjalan dengan keadaan terpaksa. Untuk itu rutinkanlah melakukan servis agar dapat diketahui malfungsi dari mobil, dan dapat segera diatasi. Lalu, servis juga dilakukan penggantian oli servis servis secara rutin sehingga mobil pun tetap dalam keadaan baik.

2. Mengabaikan peringatan yang diberikan secara otomatis oleh kendaraan

Sebenarnya beberapa kendaraan mobil saat ini sudah memiliki fitur yang dapat mendeteksi adanya masalah internal. Biasanya akan diberikan peringatan dari kendaraan itu sendiri. Namun, kebanyakan pemilik kurang peka dengan peringatan tersebut sehingga mengabaikannya dan membiarkannya semakin parah.

3. Mengubah gigi secara sembarangan

Perubahan gigi atau transmisi tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. seperti mengubah gigi dengan penginjak kopling atau lainya. Ini bisa merusak kendaraan lebih cepat.Untuk itu lakukanlah dengan benar dan tepat.

4. Sering rem mendadak dan memacu mobil dengan sekali sentakan dengan gas besar

Sering mengerem mendadak juga tidak baik untuk kendaraan, karena bisa membuat rem cepat aus. Selain itu, sering menancap gas langsung tinggi juga tidak baik karena dapat membuat bahan bakar lebih boros lagi.

5. Kurang perhatian pada ban

Kurang perhatian terhadap ban juga tidak baik untuk dilakukan. Karena jika sedang berada di jalan licin, maka  akan sulit dikendalikan dan bisa juga membuat kendaraan boros bahan bakar.

Jadi, rawatlah mobil kamu dengan penuh cinta dan kasih sayang. Lakukan servis secara rutin dan gunakan mobil dengan baik dan benar.

 


Like it? Share with your friends!