Keren 6 Teknologi Canggih ini Asli Buatan Indonesia


6

[ads1]Palingseru.com – Karya anak bangsa Indonesia kini bisa menjadi prestasi yang membanggakan bagi dunia. Sejumlah ciptaan hasil karya anak bangsa ini berupa teknologi canggih terbaru yang bisa menjadikan Indonesia maju. Ada sejumlah tekonologi canggih asli buatan Indonesia hasil karya anak bangsa yang cukup membanggakan .

Dan seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 6 teknologi canggih asli buatan Indonesia. Yuk, simak bersama !

1. Panser Anoa

1

Salah satu teknologi canggih asli buatan Indonesia yakni Panser APS 6×6 yang berupa kendaraan angkut personil lapis baja (APC). Karya anak bangsa yang satu ini digolongkan sebagai kendaraan tempur lapis baja yang fungsi utamanya adalah untuk mengangkut infanteri ke medan perang. Panser ini dikembangkan oleh PT-Pindad, BUMN Indonesia yang mengembangkan senjata ringan dan kendaraan militer.

Panser Anoa ini juga akan dijadikan sebagai kendaraan khusus untuk kebutuhan kavaleri dan dapat membawa sepuluh personil, termasuk tiga awak, satu sopir, satu komandan dan satu penembak. APC ini dirancang, direkayasa dan dikembangkan sendiri oleh PT.PINDAD, yang juga menyediakan fasilit.as perawatan kendaraan. Dengan nilai kontrak sekitar 51 juta dolar-Persenjataan Panser 6×6.

Panser Anoa ini dilengkapi dengan senapan mesin atau peluncur granat. Senapan mesinnya berkaliber 12,7 mm, sedangkan peluncur granat otomatis berkaliber 40 mm. Panser APS 6×6 juga dilengkapi dengan modus malam dan daya derek 6 ton. Fasilitas Komunikasi Termasuk VHF/FM (anti jamming dan hopping) dan GPS.

2. Pesawat Gatotkaca N-250

2

Pesawat Gatotokaca N-250 ini juga merupakan salah satu pesawat canggih karya anak bangsa. Pesawat Gatotokaca N-250 ini merupakan pesawat regional komputer turboprop rancangan asli IPTN (Sekarang PT. Dirgantara Indonesia).

Pesawat ini resmi diluncurkan pada tahun 1995. Peswat ini diberi kode N artinya Nusantara asli Indonesia. Pesawat ini diberi nama Gatotkaca dan primadona IPTN merebut pasar kelas 50-70 penumpang.

3. KRI-Krait-827

3

KRI-Krait-827 ini merupakan kapal perang hasil karya anak bangsa. Kapal perang ini merupakan hasil saling tukar ilmu antara TNI AL lewat fasharkan (Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan) Mentigi dan PT Batan Expressindo Shipyard (BES), Tanjung Guncung.

Pembuatan KRI-Krait-827 ini Ddkerjakan selama 14 Bulan dan 100 % ditangani oleh putra-putri Indonesia. Berbahan baku aluminium, bertonase 190 DWT dengan jarak jelajah sekitar 2.500 Mil. Kapal KRI-Krait-827 ini dilengkapi dengan radar dengan jangkauan 96 Nautical Mil (setara 160 Km) dengan system navigasi GMDSS area 3 dengan kecepatan terpasang 25 Knots.

4. Smart Eagle II (SE II)

4

Smart Eagle II (SE II) ini juga merupakan Prototype pertama UAV (Unman Aerical Vehicle) yang dibuat PT. Aviator Teknologi Indonesia. Smart Eagle II ini berupa sebauh mesin yang digunakan untuk kepentingan intelegen Indonesia yang mampu beroperasi dimalam hari dengan menggunakan Therman Imaging (TIS) kamera untuk opsi penginderaannya. SE II menggunakan mesin 2 tak berdiameter 150cc, mampu terbang hingga 6 Jam. Dilengkapi dengan colour TV Camera.

5. Mobil Arina-SMK

5

Mobil Arina – SMK ini merupakan sebuah mobil karya anak bangsa asli buatan Indonesia yang dilengkapi dengan kapasitas mesin 150cc, 200cc dan 250cc. Konsumsi bensin hanya 1 liter untuk 40 km. Panjang 2,7 meter, lebar 1,3 meter dan tinggi 1,7 meter sehingga bisa masuk jalan dan gang yang sempit.

6. Robot Tempur

6

Robot Tempur seri prototype ini juga merupakan teknologi asli buatan Indonesia yang bisa beroperasi hingga 1 km dari pusat kendali. “Ukurannya 1,5 m kali 0,5 m dengan berat sekitar 100 kg. Robot ini memiliki mesin penggerak dua roda,dan mampu mengangkut beban hingga sekitar 150 kg, kecepatan maksimalnya bisa mencapai 60 km/jam,” terangnya.

Nah, itulah dia keenam teknologi canggih buatan Indonesia.


Like it? Share with your friends!