Makan Kotoran Sembuhkan Sakit Perut


SEBAGAI orang tua, Anda tentu tak ingin anak-anak Anda mendekati kotoran atau bermain di tempat berdebu. Namun, kini Anda dapat bersantai apabila lain kali ini terjadi.

Karena, penelitian menunjukkan bahwa makan lumpur atau tanah liat sebenarnya bisa menyehatkan perut. Bagaimana bisa? Makan kotoran atau geophagy yakni memakan lumpur untuk melindungi lambung terhadap racun, parasit dan pathogen. Aktivitas ini umum dilakukan di banyak budaya di dunia.

Para peneliti di Cornell University di New York juga telah mempelajari lebih dari 480 budaya bersama dengan para misionaris, dokter, ahli perkebunan, dan penjelajah. Mereka menemukan bahwa bumi bertindak sebagai perisai terhadap parasit dan racun tanaman.

Makan Kotoran Sembuhkan Sakit Perut

Kotoran mungkin juga dibutuhkan manusia karena memberikan nutrisi dan guna melengkapi kekurangan gizi seperti besi, seng, atau kalsium.

Pemimpin penelitian Dr Sera Young mengatakan bahwa budaya geophagy pertama kali berasal dari jaman Hippocrates lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Kala itu, geophagy dilakukan kaum perempuan pada tahap awal kehamilan dan anak-anak praremaja. Sebab, kedua masa itu merupakan waktu paling sensitif terhadap parasit dan patogen.

Kondisi ini juga umum dilakukan di daerah beriklim tropis di mana mikroba berkaitan dengan makanan yang berlimpah. Studi ini pun menemukan bahwa warga cenderung akan makan kotoran saat merasakan sakit perut. Studi ini telah dipublikasikan pada Juni 2011 dalam jurnal The Quarterly Review of Biology.

More From: Sehat