7 Hal Yang Membuat Nafsu Makan Kamu Berkurang


Makan sangat lah penting bagi tubuh kita, dengan makan tubuh kita mendapatkan asupan energi yang cukup untuk melakukan aktifitas namun kadang kita selalu saja merasakan tidak memiliki nafsu makan untuk makan rasanya sangat malas nah berikut ini ada 7 Hal Yang Membuat Nafsu Makan Kamu Berkurang seperti yang palingseru.com kutip dari detik.com kamu mau tahu apa aja itu simak berikut ini.

1. Usia
Seiiring bertambahnya usia, indera perasa dan bau akan berubah menjadi kurang peka dan hal ini akan membuat orang dengan mudah kehilangan minat dalam makanan.

2. Kanker dan AIDS
Ini adalah kondisi medis parah yang dapat menyebabkan nafsu makan berkurang dan penurunan berat badan yang signifikan. Bahkan obat yang diresepkan untuk penyakit bekerja untuk membatasi nafsu makan.

3. Gangguan pencernaan
Masalah lambung seperti sembelit, diare, gas perut berlebihan, masalah hati, penyakit Crohn, semua dapat menurunkan nafsu makan seseorang.

4. Stres
Stres sering berhubungan dengan makan berlebih, tetapi fakta membuktikan bahwa banyak orang tidak nafsu makan karena sedang mengalami stres. Stres menurunkan keinginan dan minat orang terhadap makanan. Gangguan mood dan depresi juga terkait dengan nafsu makan rendah.

5. Gangguan makan
Beberapa orang sengaja mengurangi nafsu makan untuk menurunkan berat badan atau tampak kurus. Nafsu makan yang rendah sering dikaitkan dengan gangguan makan seperti aneroxia nervosa, yaitu suatu kondisi di mana seseorang membentuk citra diri yang salah, ingin tampak kurus dengan mengurangi makan dan memperbanyak olahraga.

6. Demam
Lidah kehilangan rasa bila kondisi tubuh sedang demam dan karena itulah seseorang akan kehilangan minatnya dalam makanan.

7. Obat-obatan
Obat-obat tertentu seperti digoksin, fluoxetine, hydralazine dan quinidine dapat menekan nafsu makan pada seseorang.

baca juga

Inilah, Makanan Penurun Berat Badan

5 Tips Agar Tidak Mudah Lapar

More From: Sehat