7 Bahaya Mengerikan Jika Kamu Suka Memakai Lensa Kontak

7-bahaya-mengerikan-memakai-lensa-kontak-K9BdbpBxWY

Palingseru.com – Saat ini banyak wanita yang menggunakan lensa kontak tidak sesuai kebutuhan, melainkan hanya untuk mempercantik mata saja. Tak bisa dipungkiri lensa konta memang bisa menunjang penampilan wanita, sehingga tak heran jika banyak wanita yang menggunakannya meskipun tidak benar-benar membutuhkan.

Tapi kamu harus tahu nih jika menggunakan lensa kontak jangka panjang ternyata bisa memberikan efek yang sangat mengerikan untuk mata kamu.

Beberapa efek buruk dari penggunakan lensa kontak akan kita bahas dalam artikel kali ini. Seperti dilansir Okezone.com, berikut ulasannya.

1. Memakai lensa kontak jangka panjang sebabkan infeksi kornea

Efek mengerikan yang pertama dapat menyebabkan infeksi kornea. Menggunakan lensa kontak dalam jangka waktu yang cukup lama bisa menyebabkan ulkus kornea, bengkak, dan gatal pada kornea. Tak hanya itu, memakai lensa kontak juga bisa mengubah bentuk kornea.

2. Risiko Giant Papillary Conjunctivitis (GPC)

Giant Papillary Conjunctivitis (GPC) juga bisa ditimbulkan akibat memakai lensa kontak dalam durasi yang cukup lama. Infeksi bakteri pada mata bisa menyebabkan GPC. Gejalanya yaitu mata gatal, iritasi dan juga mata merah.

3. Memakai lensa kontak mengurangi oksigen ke mata

Menggunakan lensa kontak juga bisa mengurangi pasokan oksigen ke mata. Hal ini akan merusak kornea dan bisa membuat mata kamu akan sering merasa lelah bahkan tak bernyawa.

4. Risiko infeksi mata lain

Penggunakan lensa kontak tak hanya bisa menyebabkan infeksi kornea saja tetapi juga bisa menyebabkan infeksi mata lain, seperti sindrom mata kering, radang mata dan pembengkakan, serta reaksi alergi.

5. Merokok

Saat memakai lensa kontak, merokok harus dihentikan, karena merokok bisa meningkatkan resiko penyakit mata. Seperti bisa meningkatkan ulkus kornea hingga 8 kali dari ambang batas normal.

6. Tidak memakai kacamata hitam

Tidak memakai kacamata hitam saat menggunakan lensa kontak bisa mengiritasi mata. Debu bisa mengakibatkan mata menjadi gatal dan kemerahan. Oleh sebab itu, memakai lensa kontak harus menggunakan kacamata hitam.

7. Lupa mencuci tangan

Lupa mencuci tangan bisa membahayakan kesehatan mata kamu. Memakai lensa kontak harus menjaga kebersihan tangan agar saat menyentuh lensa kontak tidak ada bakteri yang menempel pada mata.

Nah, itulah dia ke tujuh bahaya mengerikan dari menggunakan lensa kontak.

 

5 Lagu ini Bisa Memanggil Setan, Percayalah Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Untuk Kamu Lihat

Apa Komentar Kamu