Wow Ilmuan China Buat Matahari Buatan dan Diklaim Lebih Luar Biasa dari Matahari Asli. Lihat Seperti Ini Bentuknya


56eb656e75867-teknisi-bekerja-di-perangkat-fusi-nuklir_663_382

palingseru.com – Ilmuan di China berhasil membuat matahari buatan dan diklaim lebih luar biasa dari matahari asli. Para ilmuan itu memanfaatkan energi fusi nuklir, terobosan yang diciptakan oleh sejumlah ilmuan dari Hefei Institute of Physical Science of the Chinese Academy of Science.

Hebatnya, panas matahari buatan itu mengalahkan panas matahari asli, yakni sebesar 50 juta kelvin atau hampir mendekati 50 juta derajat celcius. Sementara panas matahari asli dilaporkan sekitar 15 juta derajat celcius.

“Panas matahari buatan (50 juta kelvin) bertahan selama 102 detik,” ungkap para peneliti China tersebut, seperti dikutip International Business Times, Jumat, 18 Maret 2016.

Hebatnya lagi, terobosan yang diciptakan itu menempatkan China setara dengan kemampuan Uni Eropa, Amerika Serikat, Rusia dan Jepang, yang merupakan negara terdepan dalam teknologi fusi.

Berbeda dari biasanya, yang terlibat dalam pembelahan atom adalah menggunakan isotop uranium, tapi kali ini berbeda. Ilmuan China itu menggunakan dua intim atom bahkan lebih, sehingga mereka bertabrakan dan menghasilkan inti baru.

Peneliti menjelaskan, dalam fusi nuklir tersebut, isotope Hidrogen Deuerium (isotope yang memiliki satu proton dan satu neutron) dan Trutium bertabrakan dengan kecepatan tinggi untuk menghasilkan Helium. Sehingga bom hydrogen yang menggunakan energi yang dihasilkan oleh fusi nuklir lebih cepat memicu reaksi.

Proses itu terjadi di dalam reactor atau yang dikenal sebagai Experimental Advanced Superconduting Tokamak (EAST).

“Sebuah matahari buatan dapat memberikan energi bersih terbatas dikendalikan fusi termonuklir,” terang Xu Jiannan, peneliti dari China Academy of Engineering Physics.


Like it? Share with your friends!