Kulit Kamu Pernah Mengalami Seperti Ini? Ini Penjelasan Medis dan Cara Mengatasinya


   

penyakit-kulit-keratosis-pilaris_20160318_201057

palingseru.com – Kulit merupakan bagian tubuh yang berperan penting untuk penampilan seseorang. Maka tak heran, banyak orang, terutama wanita, melakukan serangkaian perawatan untuk kulitnya agar tetap sehat dan mulus.

Namun, bagaimana jika kulit kamu mengalami kulit berbintik-bintik seperti gambar yang di atas? Nah, kamu pasti cemas bukan. Tenang, kamu tak perlu cemas lagi karena ada cara untuk mengatasinya. Tapi sebelum itu, kita akan membahas masalah kondisi kulit ini terlebih dahulu.

Dalam dunia medis, kondisi seperti ini dikenal dengan nama Keratos pilaris, yaitu kondisi di mana permukaan kulit menjadi kasar dan muncul bintik-bintik kecil mirip jerawat.

Seperti dilansir dari Alodokter, umumnya keratos pilaris tidak menimbulkan rasa nyeri atau gatal, serta bisa berwarna putih atau merah. Biasanya, keratos pilaris ini muncul di beberapa bagian tertentu, seperti di lengan, paha, pipi, bahkan bokong.

Penyebab keratos pilaris karena penumpukan keratin atau protein padat yang melindungi kulit dari zat berbahaya dan infeksi. Keratin akan menyumbat lubang pori di mana terdapat folikel rambut. Sumbatan inilah yang bisa membuat pori-pori melebar.

Hingga akhirnya sumbatan tersebut menjadi banyak dan akan membuat permukaan kulit terasa kasar dan tidak rata atau bersisik.

Lalu, bagaimana cara mengatasi penyakit ini?

Sebenarnya, penyakit ini tidak bisa disembuhkan dengan penanganan medis karena kondisi ini bisa sembuh dengan sendirinya. Kebanyakan opsi penanganan hanya bertujuan untuk melunakkan tumpukan keratin pada kulit.

Berikut beberapa jenis penanganan medis untuk keratosis pilaris.

Topikal Exfoliants

Mengoleskan obat berbentuk krim, yang berguna untuk melembapkan kulit kering dan menyingkirkan sel kulit mati

Topical Retinoid

Retinol adalah turunan vitamin A, di mana mampu membantu proses pergantian sel serta mencegah penyumbatan folikel rambut. Biasanya, obat ini dalam bentuk krim atau obat tetes.

Terapi Laser

Keratos pilaris juga dapat diatasi menggunakan terapi laser dengan cara menembakkan sinar laser tersbeut di bagian kulit yang terkena keratos pilaris. Namun, cara ini membutuhkan beberapa sesi terapi laser agar bisa memperlihatkan efeknya pada kulit.

More From: Sehat